JawaPos Radar | Iklan Jitu

Timnas Basket Siap Ganyang Malaysia di Pra Kualifikasi FIBA 2021

20 November 2018, 22:41:23 WIB | Editor: Banu Adikara
Basket, Indonesia, Fictor Roring, SEA Games 2019
Pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson melompati pemain Pelita Jaya sembariu membawa bola. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Timnas basket Indonesia sudah siap menghadapi pra kualifikasi wilayah timur FIBA Asia 2021. Mereka akan menjamu Malaysia di pertandingan pertama babak pra kualifikasi pada Senin (26/11), mendatang.

Persiapan anak-anak asuh Fictor Gideon Roring tersebut dilakukan dengan cara melakukan latih tanding dengan tim Indonesian Basketball League (IBL) Pelita Jaya. Bertanding di lapangan The Hawk Basketball Arena, BSD, Tangerang pada Selasa (20/11), timnas berhasil meraih kemenangan tipis dengan skor 85-84.

"Game ini benar-benar kita pakai untuk mempersiapkan tim kita untuk seri (kualifikasi) di Thailand nanti. Kita ada keuntungan hanya tiga tim di grup A bersama Malaysia dan Makau. Sedangkan Grup B diisi Thailand, Singapura, Fiji, dan Guam," kata Ito, sapaan akrab Fictor.

Pertandingan melawan Malaysia nanti bukanlah yang pertama kali untuk timnas basket. Bulan Juni lalu, mereka juga sudah berduel dengan Malaysia di babak pra kualifikasi zona SEABA (Asia Tenggara, Red), dengan meraih kemenangan 66-64.

Saat itu, Indonesia berhasil menjadi juara. Kini, pra kualifikasi wilayah timur sendiri akan menjadi ujian kedua bagi Merah Putih demi bisa lolos ke babak kualifikasi FIBA Asia 2021 yang berlangsung pada bulan November tahun depan.

"Malaysia waktu di SEABA kita kalahkan. Malaysia itu tim yang sangat bagus, tim yang seimbang dengan kita. Tapi kita lihat kesempatan kita untuk menang besar," katanya.

Ito menilai, sejauh ini tim sudah bisa bermain dengan sangat baik. Mereka dapat dengan mudah memahami pola permainan yang diinginkan Ito sehingga tidak ada masalah berarti.

"Saya rasa anak-anak gampang sekali saya atur, saya nggak dapat banyak masalah dengan mereka. Sikap mereka, semangatnya mereka luar biasa dan saya sangat mudah mengaturnya," katanya.

Setelah menghadapi Malaysia dalam laga perdana, timnas basket juga akan menghadapi Makau pada Rabu (28/11).

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up