alexametrics
NBA 2018-2019

Setelah 6 Tahun Absen, Denver Nuggets Kembali Tampil di Playoff

20 Maret 2019, 19:23:25 WIB

JawaPos.com – Denver Nuggets tengah bersuka cita. Setelah enam tahun absen, kini mereka bisa kembali merasakan atmosfer babak playoff. Bahkan, Nuggets berpeluang akhiri musim ini sebagai pimpinan Wilayah Barat.

Ruang ganti tim tamu di TD Garden, Boston, kemarin bergemuruh kencang. Teriakan-teriakan kegembiraan para pemain Denver Nuggets terdengar riuh. Mereka sedang merayakan sebuah momen istimewa di kandang lawan. Nuggets dipastikan lolos ke playoff untuk kali pertama dalam enam tahun atau sejak musim 2012-2013.

Tiket seri post season itu didapat Nuggets usai mengalahkan tuan rumah Boston Celtics 114-105, Selasa (19/3). Hasil itu mengantar Nuggets memiliki rekor 47-22. Menyamai raihan milik pimpinan Wilayah Barat Golden State Warriors yang kemarin takluk di tangan San Antonio Spurs 105-111.

Warriors memang tim pertama yang lolos playoff dari Wilayah Barat. Sang juara bertahan itu juga masih bertengger di posisi puncak wilayah tersebut. Namun, dengan sama-sama menyisakan 13 laga dan punya catatan kembar, Nuggets kini jelas menjadi ancaman nyata Warriors.

Tim asuhan Michael Malone musim ini bisa jadi bukan hanya meraih playoff pertama dalam enam tahun. Mereka kini juga punya peluang menahbiskan diri sebagai juara seri reguler Wilayah Barat untuk kali pertama sejak franchise tersebut tampil di NBA pada 1976.

“Ini momen yang luar biasa,” ucap Malone dilansir ESPN. “Empat tahun kami membangun tim. Dua tahun terakhir playoff sudah sangat dekat. Malam ini (kemarin, red) kami mengingat itu semua sebagai motivasi,” tambah pelatih yang sudah menangani Nuggets empat musim terakhir tersebut.

Dua musim belakangan Nuggets memang selalu finis hanya satu strip di bawah batas lolos playoff yakni di posisi sembilan. Bahkan, musim lalu ceritanya tragis. Mereka baru dipastikan mengubur mimpi tampil di playoff setelah takluk di laga terakhir seri reguler melalui overtime kontra Minnesota Timberwolves.

Bermodal skuad inti yang sudah terbentuk dalam dua musim terakhir, Nuggets tampil begitu solid musim ini. Pergerakan dengan maupun tanpa bola Nikola Jokic cs sudah sangat rapi. Saat membangun defense mereka bisa saling cover secara otomatis. Dalam offense, skuad Nuggets seperti sudah paham ke mana rekan mereka akan bergerak.

Si jangkung Jokic menjadi pemain yang paling menonjol. Center setinggi 213 cm itu kini menguasai empat catatan statistik sekaligus di tim. Yakni untuk poin, rebound, assist, dan steal. Pemain 24 tahun asal Serbia itu selalu menjadi starter di 68 laga Nuggets musim ini. Hasilnya dia sudah membukukan 20,3 poin; 10,7 rebound; 7,5 assist; dan 1,4 steal per game.

Point guard Jamal Murray dan power forward Paul Millsap menjadi pemain kunci lain milik Nuggets. Duo shooting guard Gary Harris dan Will Barton juga kerap menghasilkan tembakan-tembakan penting meski tidak selalu dipasang sebagai starter.

“Musim ini semua terasa begitu lancar. Kami menikmati setiap momen. Mari kita lihat sejauh mana tim ini bisa melangkah,” ucap Murray.

Jokic kemarin mencetak double-double ke-39 nya musim ini dengan raihan 21 poin dan 13 rebound. Barton menambahi 20 angka. Victory kemarin sekaligus menjadi kemenangan keempat beruntun Nuggets.

Sampai saat ini, sudah ada lima tim yang memastikan diri lolos ke playoff. Tiga berasal dari Wilayah Timur yakni Milwaukee Bucks, Toronto Raptors, dan Philadelphia 76ers. Sementara dari Barat ada Warriors dan Nuggets. Babak playoff dimulai pada 13 April mendatang.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (irr)

Copy Editor :

Setelah 6 Tahun Absen, Denver Nuggets Kembali Tampil di Playoff