alexametrics
SEA Games 2019

SEA Games Terancam Batal di Filipina, Indonesia Bantah Ajukan Diri

20 Maret 2019, 18:04:40 WIB

JawaPos.com – Perhelatan akbar SEA Games 2019 terancam gagal di Filipina lantaran sedang terkendala dengan masalah anggaran. Indonesia pun santer dikabarkan sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah pengganti jika memang Filipina tidak bisa melangsungkan event tersebut.

Dikabarkan oleh Daily Tribune, Philippines Olympic Committee (POC) gagal mendapatkan persetujuan pencairan dana sebesar 5 miliar Peso, atau sekitar Rp 3,7 triliun. Anggota eksekutif POC, Prospero Pichay mengatakan Filipina akan mengundurkan diri sebagai tuan rumah jika dana tersebut tidak kunjung keluar hingga April nanti.

Terkait hal ini, terdapat isu yang menyebutkan bahwa Indonesia dan Thailand bersedia menjadi tuan rumah pengganti. Namun, isu tersebut langsung dibantah oleh Kemenpora. Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto menegaskan bahwa Indonesia tidak pernah mengajukan diri.

“Tidak ada rencana itu (menjadi pengganti tuan rumah SEA Games 2019, Red). Indonesia tidak mengajukan diri untuk mengganti,” ucapnya saat dibubungi, Rabu (20/3).

Hingga berita ini diturunkan, Southeast Asian Games Federation Council masih memantau mengenai permasalahan tersebut. Jika Filipina benar-benat tidak layak, mereka akan mengadakan rapat darurat untuk memutuskan negara mana yang akan menggantikan posisi Filipina sebagai tuan rumah. 

Editor : Banu Adikara

Reporter : Bintang Rahmat

Copy Editor :

SEA Games Terancam Batal di Filipina, Indonesia Bantah Ajukan Diri