JawaPos Radar

Asian Games 2018

Dilarang NBA Mentas di Asian Games 2018, Jordan Clarkson Kecewa Berat

13/08/2018, 16:16 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Games 2018, Jordan Clarkson, basket, NBA
Pemain Cleveland Cavaliers Jordan Clarkson urung tampil di Asian Games 2018. Clarkson adalah pemain yang memiliki dua kewarganegaan, yakni Amerika Serikat dan Filipina (cavsnation.com)
Share this

JawaPos.com - Point guard Cleveland Cavaliers Jordan Clarkson urung tampil membela Filipina di Asian Games 2018. Clarkson terpaksa absen berlaga di Asian Games 2018 karena dilarang oleh Asosiasi Bola Basket Amerika Serikat (NBA).

Keputusan ini pun membuat Clarkson, yang notabene berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Filipina, kecewa berat. Melalui akun Twitter miliknya, Clarkson meminta maaf kepada seluruh publik Filipina.

"Untuk saudara dan saudari Filipinaku, dengan sangat menyesal saya beritahukan bahwa saya tidak dapat membela timnas basket Filipina di Asian Games 2018 nanti. Meski saya tidak bisa berada di lapangan, semangat saya akan terus ada bersama-sama kalian. Saya sangat berharap ke depannya bisa bermain bersama rekan-rekan senegara saya, dan saya yakin hal ini akan terwujud," tulis Clarkson, Senin (13/8).

Untuk diketahui, NBA melalui juru bicara Tim Frank sudah mengumumkan pada Minggu (12/8) kemarin bahwa NBA tidak merestui Clarkson membela Filipina di ajang Asian Games 2018.

NBA, sebagaimana disampaikan Frank, memiliki kebijakan bahwa seorang pemain NBA hanya boleh berkompetisi di Olimpiade, Piala Dunia Bola Basket, dan Piala Kontinental.

"Karena Asian Games tidak termasuk dalam tiga kategori turnamen tersebut, Clarkson tidak bisa berkompetisi di dalamnya. Clarkson hanya boleh bermain bersama Filipina di kompetisi yang sudah disepakati FIBA dan NBA," ujar Frank dalam keterangan tertulisnya.

Untuk diketahui, Clarkson sendiri memang punya darah Filipina di dalam tubuhnya. Darah tersebut mengalir dari sang nenek, Marcelina Tullao yang berasal dari provinsi Pampanga.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up