alexametrics
NBA 2018-2019

Luar Biasa, Russell Westbrook Pecahkan Rekor yang Bertahan 50 Tahun

Laporan Bobby Arifin dari Oklahoma City
13 Februari 2019, 19:47:59 WIB

JawaPos.com – Penampilan superapik kembali diperagakan Russell Westbrook. Untuk kesepuluh kalinya, guard Oklahoma City Thunder itu mencatatkan triple double secara beruntun. Rekor lama yang sudah puluhan tahun pun pecah.

Apa yang ada di benak Anda saat melihat catatan statistik duel Oklahoma City Thunder kontra Portland Trail Blazers di Chesapeake Energy Arena kemarin? Thunder menang 120-111. Dua bintang Thunder, Russell Westbrook dan Paul George (PG) mencetak triple double.

oklahoma city thunder
Paul George dan Russell Westbrook sama-sama mencetak triple double saat bertemu Blazers. (Zach Beeker / AFP)

George membuat 47 poin, 12 rebound, dan 10 assist. Sementara Westbrook mencetak 21 poin, 14 rebound, dan 11 assist. Apa lantas menunjukkan ini pertandingan mudah untuk Thunder? Jawabnya salah besar.

Rekor fantastis yang tertulis di atas didapat dengan keringat, perjuangan keras, jatuh bangun di lapangan, dan memeras otak untuk menganalisis situasi demi situasi. Billy Donovan, head coach Thunder, memastikan itu.

“Orang menyangka Russell Westbrook begitu mudah mencapai 10 kali triple double secara beruntun,” ucap Donovan dalam konfrensi pers usai laga. “Yang ditunjukkan Westbrook adalah kerja keras dan komitmen tanpa batas.”

Begitu pula dengan George. Kemarin, small forward 28 tahun ini tampil begitu menyatu dengan Russ (Westbrook). Keduanya menjadi tandem yang sangat diperhitungan.

“Saya masih belajar untuk jadi pemain yang lebih baik setiap hari,” ucap George merendah. “Saya masih mempunyai mimpi untuk menjadi pemain terbaik liga (MVP). Itu yang sedang saya jalankan. Saya sangat ingin menggapai mimpi menjadi pemain terbaik,” tambahnya.

Paling tidak, George saat ini sudah menjadi MVP bagi fans Thunder. Setiap kali dia melakukan lemparan bebas kemarin, teriakan penonton bergemuruh “MVP…MVP!”

Sejatinya, melihat roster Thunder yang turun kemarin, fans mereka langsung miris. Dennis Schroder yang biasa menyumbang banyak angka semalam tidak muncul karena ada alasan keperluan pribadi. Raymond Felton, Deonte Burton, dan Nerlens Noel diberi kesempatan tampil dengan banyak minutes play untuk menutup kekurangan itu.

Triple double Westbrook kesepuluh berturut-turut kemarin membuatnya mencatat sejarah. Dia memecahkan rekor Wilt Chamberlain yang dibuat pada 1968. Ya, rekor yang bertahan selama 50 tahun itu akhirnya pecah. Westbrook kini tercatat sebagai pencetak triple double berturut-turut terpanjang dalam sejarah NBA.

Musim ini Wetbrook juga mengulang catatan fantastisnya musim lalu. Yakni membuat rata-rata statistik triple double dengan 21,2 point, 11,1 rebound, dan 11,2 assist per game.

Sebelumnya, hanya Oscar Robertson yang mampu melakukan average triple double dua musim berturut turut dalam sejarah NBA. Jika Westbrook tidak terkendala cedera, peluang mencetak average triple double tiga musim berturut turut ada dalam jangkauan superstar calon Hall of Fame NBA tersebut. 

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (*/irr)


Close Ads
Luar Biasa, Russell Westbrook Pecahkan Rekor yang Bertahan 50 Tahun