alexametrics
IBL 2018-2019

Pemain Asingnya Tak Lolos Regulasi, Hangtuah Salahkan IBL

11 Februari 2019, 01:45:13 WIB

Jawapos.com – Kasus dipulangkannya salah satu pemain asing Hangtuah, Brysean Perine Bryquis membuat manager tim Ferri Jufri angkat bicara. Dia menilai hal tersebut merupakan kelalaian dari IBL.

Brysean Perine datang ke Indonesia untuk menggantikan Garry Jacob jr yang harus kembali ke Amerika Serikat karena urusan keluarga. Namun, belum sempat mengakhiri seri ketujuh IBL Pertamax 2018-2019, Brysean harus dipulangkan karena terganjal regulasi tinggi badan.

Padahal Hangtuah sudah mengikuti peraturan yang dikeluarkan IBL. Yaitu pemain asing pengganti harus dipilih dari draf yang disediakan IBL. Dalam draf itu tercatat Brysean Perine memiliki tinggi 188 cm.

“Perine kami pilih untuk menggantikan Gary Jacobs Jr yang sebelumnya harus pulang ke Amerika Serikat karena ibunya tengah sakit keras. Berdasarkan aturan yang diterapkan oleh IBL, pemain pengganti hanya bisa diambil dari daftar pemain yang dikeluarkan oleh IBL,” jelasnya.

“Di dalam data tersebut, profil pemain termasuk soal tinggi badan tentunya ada. Dan tertera bahwa tinggi badan Perine adalah 188 cm, bukan 189 cm,” sambungnya.

Namun, setelah melalui pengukuran, ternyata tinggi badan pemain itu lebih dari 188 cm. Alhasil dia dinyatakan tidak lolos aturan yang dikeluarkan IBL dan harus dipulangkan.

Melihat hal itu, Ferri mengaku sangat dirugikan dengan keputusan tersebut. Sebab Hangtuah terpaksa hanya bermain dengan satu pemain asing saja.

“Kami sudah mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh IBL. Sebelum sampai di Indonesia, data pemain sudah mendapatkan lampu hijau dari IBL. Namun, karena hanya persoalan 1 cm, IBL tidak mengizinkan Perine untuk bermain. Kami sangat dirugikan dengan kelalaian ini,” tegas Ferri.

Untuk diketahui, sesuai regulasi, setiap tim hanya boleh menggunakan dua pemain asing yang sudah terdaftar dalam draf IBL. Kedua pemain asing itu dibatasi oleh aturan terkait tinggi badan.

Setiap tim diperbolehkan memiliki satu pemain asing dengan tinggi badan bebas. Sedangkan pemain asing berikutnya tidak boleh punya tinggi badan lebih dari 188 cm. Untuk Hangtuah sendiri, dia sudah memiliki Jarrad Scott sebagai big man.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Bintang Rahmat


Close Ads
Pemain Asingnya Tak Lolos Regulasi, Hangtuah Salahkan IBL