alexametrics

Mustahil CLS Knights Kembali ke IBL

8 Agustus 2017, 18:26:07 WIB

JawaPos.com – Peluang CLS Knights Surabaya untuk kembali berkompetisi di IBL tampaknya sudah benar-benar tertutup. Sebab perundingan antara mereka dengan pihak kompetisi selalu tak membuahkan hasil. Jika diminta kembali, CLS Knights akan mengajukan syarat yang mungkin sulit diterima oleh pengelola kompetisi.

Badan hukum menjadi alasan utama CLS Knights mundur dari kompetisi IBL. Operator kompetisi mengharuskan pesertanya berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT). Sedangkan CLS sudah berbentuk yayasan sejak 70 tahun yang lalu. CLS Knights sudah dua kali bertemu dengan Direktur IBL Hasan Gozali. Namun pertemuan itu tak membuahkan hasil.

“Dari pihak Yayasan (CLS) menanyakan fungsi PT dalam liga ini. Pada saat itu Pak Hasan hanya mendengarkan, dia tidak ada solusi. Intinya mereka mau bikin kompetisi profit. Mereka tidak ada gambaran kenapa harus PT dan kenapa ada denda,” ungkap Ketua Harian Yayasan CLS Ming Soedarmono.

Perlu diketahui, CLS Knights diperbolehkan mengikuti kompetisi dengan badan hukum yayasan. Namun dengan syarat mereka harus membayar denda sebesar Rp 250 juta. Kabarnya, denda tersebut lebih besar dari biaya subsidi yang diterima para peserta kompetisi dari pihak operator.

Ketika pertemuan dengan Yayasan CLS menemui jalan buntu, Managing Partner CLS Knights Surabaya Christopher Tanuwidjaja diminta oleh Hasan Gozali untuk membentuk PT agar tim ini tetap berkompetisi. “Beliau (Hasan, red) minta saya yang buka PT. Saat itu juga saya tolak,” ungkap Christopher.

Meski sudah dipastikan tidak mengikuti kompetisi, masih ada kemungkinan bagi CLS Knights untuk kembali. Hanya saja peluang itu sangat kecil sekali. Apalagi dua pertemuan antara CLS Knights dan pengelola liga selalu menemui jalan buntu.

“Posisi kami ke liga sudah sangat jelas. Jika kami diperbolehkan berbentuk yayasan, kami tidak mau hanya satu-dua tahun saja. Kami minta surat pernyataan tertulis bahwa kami kami berhak mengikuti liga profesional dengan bentuk yayasan untuk selamanya,” jelasnya.

“Itu yang kami minta dan itu juga sudah kami jelaskan ke Pak Hasan Gozali. Tapi mereka tetap meminta kami membentuk PT,” tutup Christopher.

Editor : Irawan Dwi Ismunanto

Reporter : (saf/JPC)

Mustahil CLS Knights Kembali ke IBL