alexametrics
Asian Men's Volleyball Championship 2017

Kalah dari Kazakhstan Jadi Pembuktian Pemain Pelapis Indonesia

25 Juli 2017, 20:26:31 WIB

JawaPos.com – Kekalahan dari Kazakhstan di laga kedua Asian Men’s Volleyball Championship 2017 tak membuat pelatih Timnas Bola Voli Putra Indonesia Samsul Jais kecewa. Samsul justru sangat puas dengan penampilan yang ditunjukkan anak buahnya di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (25/7) petang. Khususnya para pemain pelapis.

Indonesia berjuang sangat keras di pertandingan ini. Sayang mereka kalah tipis atas Kazakhstan dengan skor akhir 2-3 (25-23, 25-27, 21-25, 25-21 dan 13-15). “Saya puas karena anak-anak bermain secara sistem dan dengan konsentrasi yang bagus,” kata Samsul Jais selepas pertandingan.

Dalam kacamata Samsul, Indonesia tampil sempurna di set pertama dan kedua. Sayang kesalahan serve dari Hernanda Zulfi di pengujung set kedua membuat Indonesia takluk di babak ini. Meski berbuat eror, Samsul tak mau menyalahkan pemain binaan Indomaret Sidoarjo tersebut.

“Nanda pemain junior. Dan mereka harus mengalami pengalaman selama ini. Dia punya potensi untuk Indonesia ke depannya,” jelas pelatih asal Jawa Barat (Jabar) itu.

Kekalahan pada set kedua membuat mental tanding pemain Indonesia drop di awal game ketiga. Rivan Nurmulki dan Rendy Tamamilang yang biasanya tampil gemilang, justru banyak melakukan kesalahan. Spike keras mereka mampu dibaca dan digagalkan para pemain Kazakhstan.

Samsul akhirnya melakukan rotasi. Dia memasukkan Ramzil Huda sebagai pengganti Rivan. Samsul juga menurunkan kapten tim Agung Seganti dan Dio Zulfikri. Meski pada akhirnya tumbang di set ketiga, permainan para pemain pelapis ini justru sangat memuaskan. Mereka berhasil mengimbangi dan memangkas jarak poin dari Kazakhstan.

“Saya puas dengan pertandingan ini. Saya bisa menampilkan pemain pengganti. Ketika pemain starter kami lost confident, pemain pengganti bisa bangkit merepotkan Kazakhstan. Ketika saya memasukkan pemain pengganti, poin kami justru naik,” ulas pelatih Palembang Bank Sumsel Babel di Proliga 2017 itu.

Dengan kombinasi pemain pelapis dan utama, Indonesia berhasil merebut set keempat. Sayang Indonesia gagal memenangkan game kelima. “Finishing touch yang kurang beruntung di set kelima,” aku Samsul. Pertandingan akhirnya dimenangkan Kazakhstan dengan skor tipis 3-2.

Kekalahan ini membuat Indonesia terlempar ke posisi ketiga dengan empat poin. Kazakhstan merebut puncak klasemen Grup A dengan Qatar sebagai runner up. Meski sama-sama memperoleh empat poin, namun Kazakhstan unggul head to head dan rasio set.

Meski kalah, salah satu pemain andalan Indonesia Rendy Tamamilang tak menampakkan raut wajah sedih. “Sebab saya bangga dengan teman-teman. Kami jarang melawan orang-orang yang tinggi,” kata pemain binaan Surabaya Samator ini.

Editor : Irawan Dwi Ismunanto

Reporter : (saf/JPC)


Close Ads
Kalah dari Kazakhstan Jadi Pembuktian Pemain Pelapis Indonesia