alexametrics

PB PASI Tunjuk 3 Atlet Muda untuk Gantikan Fadlin

22 November 2018, 11:54:06 WIB

JawaPos.com – Keputusan Fadlin untuk pensiun sebagai atlet lari estafet sempat menimbulkan kekhawatiran bagi Indonesia. Sebab tidak mudah untuk mencari sosok potensial seperti dirinya.

Namun kini hal tersebut tidak begitu dikhawatirkan lagi. Sebab PB PASI selaku induk organisasi olahraga atletik sudah menemukan beberapa kandidat yang akan mengisi slot kosong sepeninggal Fadlin.

“Penggantunya ada sih banyak. Tapi yang paling terdekat ada tiga, yaitu Bisma, Joko Adi, dan Adi Ramli. Mereka bertiga bisa gantiin karena perolehan waktunya dengan Fadlin tidak terlalu jauh,” ujar Pelatih Atletik, Eni Nuraeni.

Eni mengaku bahwa tidak sembarang atlet dapat menggantikan sosok Fadlin. Terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleha mereka.

“Jadi dia harus punya reaksi saat start untuk dapat cepat keluar. Orangnya tidak boleh gampang gugup,” sambungnya.

Dari syarat yang disebutkan tersebut, penilaian kedua merupakan faktor krusial. Sebab Eni tidak ingin atlet yang menggantikan Fadlin memiliki mental yang lemah.

“Yang pertama (mental) itu. Soalnya atlet muda yang turun pertama menggantikan pasti sering ketakutan. Mereka takut melakukan ini atau itu,” jelasnya.

Eni juga yakin atlet yang akan menggantikan Fadlin itu mampu bersaing mengejar ketertinggalan dari para seniornya. Mengingat Olimpiade tinggal menyisakan dua tahun lagi.

“Insya Allah bisa mengejar. Mereka juga sudah terlatih di daerahnya. Jadi kita tinggal nyambungin saja. Memang tidak mudah menyambungkan empat orang dalam lari estafet, karena pribadi masing-masing. Tinggal nyambungin itu saja,” tutupnya.

Untuk diketahui, kompetisi Asian Games kemarin merupakan laga terakhir Fadlin. Selepas menyumbangkan perak di nomor estafet putra 4×100 meter, dia memutuskan untuk pensiun.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : (mat/JPC)

PB PASI Tunjuk 3 Atlet Muda untuk Gantikan Fadlin