alexametrics

Inilah Kekurangan Zohri Menurut Pelatih

21 November 2018, 13:17:38 WIB

JawaPos.com – Atlet lari putra Indonesia Lalu Muhamad Zohri tengah diprospek untuk bisa lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Pelatih lari jarak pendek Indonesia Eni Nuraini menuturkan bahwa Zohri masih memiliki beberapa kelemahan yang harus diperbaiki.

Menurut Eni, Zohri punya dua kelemahan mendasar yang berakibat buruk pada performanya di lapangan. “Dia kekurangan paling banyak di start. Kalau di startnya dia bisa, pasti nanti (hasilnya, Red) bagus,” ungkap Eni, Rabu (21/11).

Tak cuma di start, Eni melihat Zohri juga kerap kali melambat setiap kali hendak mencapai garis finis. Hal ini, kata Eni, membuat dirinya rentan tersusul oleh lawan yang ada di belakangnya.

“Daya tahan terakhirnya juga masih kurang. Pada jarak 20 meter terakhir dia masih terlalu nge-drop (melambat, Red). Itu yang harus diperbaiki,” sambungnya.

Untuk mengatasi kelemahan Zohri tersebut, Eni Nuraini mengaku sudah memberikan latihan intensif. Salah satunya adalah dengan latihan di lintasan yang sedikit menanjak.

“Dia dapat tambahan latihan seperti hill running. Karena bukit di sini pendek-pendek, maka jarak larinya lebih jauh, sekitar 100 sampai 150 meter. Jadi kita harus cari tempat yang memiliki jarak seperti itu,” jelasnya.

Eni menambahkan persiapan yang dilakukan Zohri tidak semata-mata untuk menghadapi Olimpiade saja. Tetapi juga untuk menjalani kompetisi-kompetisi di tahun 2019.

Pasalnya dalam kompetisi tersebut terdapat event-event penting, diantaranya Kejuaraan Dunia Estafet di Yokohama, Kejuaraan Dunia Atletik di Doha dan Kejuaraan Asia di Doha. Ketiga kompetisi itu merupakan ajang penting, sebab ketiganya memiliki poin tertinggi dalam seleksi masuk Olimpiade Tokyo 2020.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (mat/JPC)



Close Ads
Inilah Kekurangan Zohri Menurut Pelatih