alexametrics
Hari Kartini

Kartini Zaman Now Berprestasi Sesuai Bidang dan Porsinya

21 April 2018, 15:40:31 WIB

JawaPos.com – Menjadi seorang Kartini tak melulu harus berjuang menghadapi penjajah. Pebola voli cantik, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi berpendapat, Kartini Zaman Now punya pelbagai cara untuk mengekspresikan perjuangan, sesuai bidang, porsi, dan batasannya.

Jika Raden Adjeng Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada masanya, kini kondisinya sudah jauh berbeda. Door Duisternis tot Licht, yang artinya Dari Kegelapan Menuju Cahaya, sesuai dengan buku kumpulan surat RA Kartini ini diterbitkan pada 1911.

Jika pada 1890-an RA Kartini sangat dibatasi dalam memperjuangkan emansipasi, perempuan Indonesia zaman now memiliki lebih banyak cara untuk mengekspresikan diri. Kesetaraan gender bukan lagi menjadi hal yang tabu. Akan tetapi, Wilda mengingatkan para perempuan Indonesia agar tetap membatasi diri, agar tidak menjadi Kartini yang kebablasan.

Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi, Hari Kartini, Kartini Zaman Now, Berita Proliga,
Wilda (ketiga dari kiri) bersama rekan setimnya di tim Alko Bandung. (Instagram)

“Kartini zaman now adalah perempuan yang bisa menginspirasi dalam segi positif. Bisa menjadi pedoman atau motivasi dia untuk menjadi seperti Si Kartini muda tersebut,” ujar pemain berposisi quicker di tim Bandung Bank BJB Pakuan itu kepada JawaPos.com.

Sejak tahun lalu, Wilda memang telah bertransformasi, dari perempuan yang biasa berpakaian seksi menjadi atlet berhijab. Perjuangan untuk mengubah penampilan itu pun dilakukan dengan tidak mudah. Namun, kebulatan tekad membuat dara kelahiran Bandung pada 7 Februari 1995 itu yakin, berhijab tak lantas meredupkan prestasi di pentas bola voli.

“Zaman sekarang menurutku, perempuan bisa sangat “bebas” tanpa melihat seharusnya muslimah tuh harus seperti apa sih,” urai quicker andalan Timnas Bola Voli Putri Indonesia itu.

“Dalam olahraga, harus dilakukan dengan pembuktian bahwa perempuan bisa berprestasi dengan tetap menjaga syariat Islam (sesuai keyakinannya). Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita sudah niat apapun bisa kita lakukan sebagai atlet dan juga muslimah yang ingin berprestasi di bidang olahraga,” sambungnya.

Dengan status sebagai atlet nasional dan juga public figure, Wilda sadar apa yang dilakukannya pun acap menjadi sorotan. Karenanya, salah satu cara yang dilakukan untuk bisa menginspirasi serta menularkan hal positif adalah dengan menjaga perilaku.

“Dari bidang olahraga sekarang lumayan dilihat publik dari media sosial. Aku mau perempuan Indonesia ada kemauan melakukan hal positif dan melakukan segala sesuatu dengan benar, di jalan yang benar juga. Misal di media sosial dengan membagikan hal yang positif kepada follower,” pesan perempuan yang menjadikan sang ibu sebagai tokoh inspirasi itu.

Terakhir, pengagum Netty Prasetiyani Heryawan (istri Gubernur Jawa Barat) itu pun punya satu harapan untuk para Kartini zaman now. “Semoga lebih cerdas dalam memilih apa yang benar dan salah. Tetap bermimpi dan berusaha sampai menjadi nyata disertai diridhai Allah.  Untuk yang muslim, kuatkan iman di dalam hati, insyAllah semuanya akan benar,” pungkasnya.

Editor : Irawan Dwi Ismunanto

Reporter : (ira/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kartini Zaman Now Berprestasi Sesuai Bidang dan Porsinya