alexametrics

Tak Sekadar Menang dan Kalah, Olahraga Menyelamatkan Generasi Bangsa

19 Desember 2017, 04:44:11 WIB

JawaPos.com – Olahraga memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah bangsa. Bukan sekadar menyehatkan, olahraga juga bisa menjadi alat menyelamatkan generasi muda dari segala bentuk kenakalan remaja serta jerat narkoba.

Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Olahraga Jawa Timur (Jatim) akan membahas dampak besar olahraga terhadap pembangunan bangsa, lewat sebuah diskusi yang akan dilangsungkan di Cendana Premier Hotel, Surabaya, Selasa (19/12) siang.

“Tanpa kita sadari olahraga sebenarnya memiliki dampak yang luar biasa besar. Bukan hanya masalah membuat badan menjadi sehat dan bugar saja, tapi dalam skala besar olahraga juga bisa menyelamatkan sebuah bangsa,” ucap Ketua Panitia Sofyan Cahyono, Senin (18/12) siang.

Olahraga, lanjut Sofyan, bisa menghindarkan generasi penerus bangsa dari kenakalan remaja seperti tawuran, seks bebas hingga narkoba. “Olahraga juga membentuk individu yang disiplin. Olahragawan memiliki aktivitas dan jam istirahatnya yang teratur. Begitu juga dengan nutrisi yang mereka konsumsi, pasti terjaga,” imbuhnya.

Diskusi ini akan menghadirkan pakar-pakar kompeten di bidangnya. Guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Made Sriundy Mahardika, mantan penggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia Bejo Sugiantoro serta perwakilan dari BNN Provinsi Jatim dan Kota Surabaya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung sangat mengapresiasi diskusi ini. Menurut Erlangga, selama ini yang terekspose dari dunia olahraga hanya masalah kalah dan menang atau juara dan tidak juara. Erlangga menuturkan, terlalu sempit apabila mengulas olahraga dari segi prestasi saja.

“Olahaga lebih besar dari sekadar masalah prestasi. Selama ini kita hanya tahu kulitnya saja, tanpa mengupas lebih dalam tentang manfaat lain dari olahraga. Oleh sebab itu diskusi ini sangat penting agar supaya masyarakat juga teredukasi tentang dampak besar dari olahraga,” sebutnya.

Editor : admin

Reporter : (saf/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Tak Sekadar Menang dan Kalah, Olahraga Menyelamatkan Generasi Bangsa