alexametrics

Olahraga jadi Senjata untuk Memerangi Narkoba

19 Desember 2017, 19:48:40 WIB

JawaPos.com – Terlalu kerdil apabila memandang olahraga hanya dari urusan menang dan kalah. Lebih besar dari hal itu, olahraga juga bisa berperan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkarakter sebuah bangsa. Olahraga juga bisa menjadi ujung tombak untuk memerangi narkoba.

Menurut dokter rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya dr Singgih Widi Pratomo, narkoba bukan hanya masalah bisnis yang menghasilkan uang dalam jumlah besar, namun narkoba adalah bagian dari proxy war, perang pelemahan sumber daya manusia di sebuah negara.

Dokter muda asli Gresik ini menambahkan, ada 72 jaringan pengedar narkoba dari 72 negara yang memasukkan barang haramnya ke Indonesia. “Tidak ada satu profesi pun yang bebas dari narkoba,” ucap dr Singgih Selasa (19/12) siang.

Ketua Umum KONI Jawa Timur (Jatim) Erlangga Satriagung menganggap narkoba sebagai penghancur masa depan bangsa. “Salah satu gondaan atlet adalah narkoba. Kalau seorang atlet terkena (narkoba), ya wassalam. Sia-sia kita bina mulai remaja sampai golden age,” sebut Erlangga.

Erlangga sadar bahwa narkoba bisa menyerang siapapun, termasuk kalangan olahragawan. Oleh sebab itu KONI Jatim siap berperan aktif untuk memerangi narkoba di kalangan olahragawan. “Sebab narkoba bukan sekadar urusan bisnis, tapi ini penghancuran tiga generasi,” tegasnya.

Ia menegaskan bahwa olahraga memiliki peran penting dalam membangun SDM yang berkarakter. Olahraga hanya urusan sehat jasmani, berkeringat dan senang, itu hanya anggapan dasar belaka. Bagi Erlangga, olahraga lebih besar dari hal itu.

“Karena olahraga ini sangat melekat dengan urusan sportivitas, kedisiplinan, kepatuhan, kehormatan. Ini inti dari pembangunan SDM berkarakter di olahraga,” imbuhnya.

Didik Utomo Pribadi, Sekretaris Umum Pelti Jatim mendorong KONI untuk menjalin kerjasama dengan BNN guna memerangi narkoba. “Secara periodik KONI dan BNN melakukan edukasi kepada atlet terkait bahaya narkoba ini,” harap Didik.

Editor : admin

Reporter : (saf/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Olahraga jadi Senjata untuk Memerangi Narkoba