JawaPos Radar

Asian Games 2018

Api Abadi Mrapen dan India Akan Disatukan di Prambanan

18/07/2018, 13:35 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Asian Games 2018, Api Abadi, Mrapen, Puan Maharani, 7 Bidadari, Putri Indonesia
Puan Maharani saat prosesi pengambilan api abadi Mrapen, Rabu (18/7) (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Prosesi pengambilan api abadi Mrapen telah dilakukan. Nantinya api tersebut akan disatukan dengan api abadi yang berasal dari India. Penyatuan kedua api abadi akan dilakukan di Prambanan, Rabu (18/7) sore WIB.

Sebelumnya, pengambilan api abadi Mrapen dilakukan oleh Wakil Ketua Dewan Pengarah Asian Games yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani. Dalam prosesi tersebut diiringi cerita Jaka Tarub dan 7 bidadari yang diperankan oleh para Putri Indonesia.

Setelah pengambilan, api abadi tersebut nantinya akan diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk dimasukkan ke tinder box. Kemudian api kembali diserahkan kepada torch ambassador, Yustejo Tarik.

Asian Games 2018, Api Abadi, Mrapen, Puan Maharani, 7 Bidadari, Putri Indonesia
7 bidadari cantik dan Puan Maharani usai prosesi pengambilan api abadi Mrapen (Isa Bustomi/JawaPos.com)

Nantinya mantan atlet tenis nasional tersebut akan membawa api ke Kota Semarang sebelum akhirnya akan disatukan dengan api yang sudah ada dari India di Prambanan.

"Nanti menjadi pertemuan antara api yang dari India dengan api dari Jawa Tengah pada sore hingga malam hari, Rabu (18/7) di Candi Prambanan," ujar Puan Maharani.

Penggabungan api abadi tersebut untuk mengingatkan sejarah Asian Games dengan Indonesia. Karena itu, api abadi tersebut akan dibawa keliling dengan torch relay ke 18 provinsi dan 50 kota besar di Indonesia.

"Tentu saja tidak bisa semua provinsi, tapi paling tidak kami bisa mensosialisasikan. Selain itu masyarakat Indonesia mengetahui bahwa akan ada gelaran akbar Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus nanti," imbuh Menteri Puan.

Menurut Puan, pengobaran api abadi menandakan perjuangan atlet Indonesia. Dengan harapan mereka yang bertanding di Asian Games 2018 dapat mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

"Semangat memperjuangkan Indonesia, mengharumkan Indonesia dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Tentunya mengibarkan bendera Merah Putih. Semangat persatuan dan semua cabang olahraga demi kesatuan," tutup Puan.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up