alexametrics

Disiplin Jaga Pola Makan Jadi Kunci Keberhasilan Rivo Kundimang

16 April 2019, 20:00:02 WIB

Jawapos.com – Di usia yang masih 21 tahun, petinju Indonesia Rivo Kundimang sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia tinju profesional. Tidak tanggung-tanggung, dua gelar internasional bergensi langsung disabetnya.

Rivo berhasil meraih sabuk WBC Asia Youth di kelas 63,5 kg setelah mengalahkan petinju dari Thailand, Giranpan Boonpeng. Tak hanya itu saja, Rivo kemudian membawa pulang sabuk IBF Pan Pacific di kelas yang sama setelah menundukkan petinju dari Filipina, Ryan Sermona.

Kesuksesan tersebut tentu tidak diraihnya dengan gampang. Banyak hal yang harus dia korbankan agar dapat mencapai hal itu. Salah satunya adalah mendisiplinkan diri menjaga pola makan, sebab dalam olahraga tinju berat badan merupakan salah satu hal paling krusial yang harus dijaga.

“Mau nggak mau makan harus dijaga ketat. Tidak boleh terlalu banyak makan. Dari kita harus disiplin, kalo nggak ya susah,” ucap petinju kelahiran Manado, Sulawesi Utara tersebut.

Rivo melanjutkan, teguran sangat keras dari pelatihnya sudah pasti ia terima jika ia membandel. Rivo menuturkan, ia pernah diminta menurunkan bobot tubuhnya seberat 10 kg dalam tiga hari agar dapat turun untuk bertanding.

“Makanya, harus dari jauh-jauh hari kita persiapkan berat badan. Kalau tidak masuk, ya artinya kita kalah duluan sebelum bertanding. Jadi petinju juga harus punya kesadaran diri untuk disiplin,” tambah sang pelatih, Chris Rotinsulu.

Selain pola makan, latihan rutin juga harus selalu dilakukannya. Chris biasanya memberikan dua menu latihan tetap, yakni latihan gerakan dan sparring.

“Itu latihan dilakukan tiga jam, setiap pagi, siang, dan malam. Semuanya dilakukan dari Senin hingga Sabtu. Kalau Minggunya libur,” jelas Rivo.

Rivo merupakan satu dari tiga petinju di bawah promotor Martin Daniel Promotion yang baru-baru ini diberikan penghargaan setelah meraih gelar bergengsi. Dua petinju lainnya adalah Ongen Saknosiwi yang menjadi juara nasional di kelas bulu 57,1 kg, dan Jonathan Chandra yang menjuarai kelas berat Happy Weight Plus 91 kg.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Bintang Rahmat