alexametrics

Rikako Ikee Dapat Dukungan dari Para Penyintas Leukimia di Jagat Maya

13 Februari 2019, 14:21:28 WIB

JawaPos.com – Kabar mengejutkan dari perenang putri Jepang Rikako Ikee yang didiagnosis menderita leukimia menarik perhatian dunia. Para penyintas leukimia serta orang-orang yang kini tengah berjuang melawan penyakit yang populer dengan sebutan kanker darah itu ramai-ramai membanjiri media sosial Rikako dengan dukungan dan doa.

Salah satu dukungan datang dari aktor Hollywood asal Jepang, Ken Watanabe. Watanabe, yang merupakan penyintas leukimia yang ia derita pada tahun 1989, memberikan ucapan simpati kepada perenang cantik berusia 18 tahun yang dinobatkan sebagai most valuable player Asian Games 2018 tersebut lewat akun Twitter-nya.

“Saya pernah mengalami hal serupa. Mungkin perasaanmu sekarang sama seperti saya dulu. Bertanya dalam hati ‘Kenapa harus saya yang kena?’,” ujar aktor yang bermain di film The Last Samurai dan Memoirs of A Geisha tersebut seperti dilansir japantimes.co.jp.

“Saya tidak tahu bagaimana keadaanmu sekarang. Tapi saya berharap kamu saat ini beristirahat yang cukup, dan tetap melakukan pengobatan. Percayalah pada kemampuan medis saat ini dan, tentunya, pada kekuatanmu sendiri,” ujar Watanabe lagi.

Dukungan kepada Rikako yang menyabet enam medali emas Asian Games 2018 tersebut juga datang dari beberapa netizen yang sedang bertarung dengan penyakit yang sama.

“Saya juga sedang mengalami perawatan leukimia. Akan ada masa-masa berat buatmu dalam menuju kesembuhan, tapi kamu juga harus ingat bahwa banyak orang di luar sana yang mengerti perasaanmu dan mendoakanmu. Jadi, mari kita sembuh sama-sama. Tetap semangat!” tulis akun Twitter @_piyopiyotan_.

Hal senada juga disampaikan akun @monarabi yang merupakan penyintas leukimia lainnya. “Aku didiagnosis leukimia saat berusia 6 tahun. Proses penyembuhannya betul-betul berat dan menyakitkan, tapi determinasi saya untuk sembuh berhasil mengalahkan penyakit itu. Saya bisa sembuh, kamu pun bisa sembuh. Semangat!” cuitnya.

Rikako pertama kali mengumumkan dirinya terkena leukimia pada 12 Februari kemarin. Rikako, yang sedang menjalani training camp di Australia, mendadak merasa kelelahan yang tidak biasa. Ia pun dipulangkan ke Jepang untuk pemeriksaan lebih lanjut, sebelum akhirnya didiagnosis menderita leukimia tahap awal.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Copy Editor :

Rikako Ikee Dapat Dukungan dari Para Penyintas Leukimia di Jagat Maya