alexametrics

Evaluasi Piala Fed, Aldila Sutjiadi: Kami Masih Kalah Pengalaman

12 Februari 2019, 12:03:24 WIB

JawaPos.com – Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi mengakui bahwa perjuangannya untuk mempertahankan posisi Indonesia di Grup I zona Asia/Oseania Piala Fed 2019 bukan hal mudah. Kalah pengalaman dengan negara-negara kuat lain menjadi salah satu kendala terbesar.

Meski berhasil bertahan di Grup I zona Asia/Oseania usai menundukkan Thailand di babak playoffs, Aldila mengaku mereka tidak berdaya di babak penyisihan grup saat meladeni Tiongkok dan Korea Selatan. “Kami kalah pengalaman. Karena banyak pemain mereka yang sudah turun di Grand Slam dan berbagai turnamen yang lebih tinggi dari pada yang kita ikuti,” kata Aldila.

Walau demikian, Aldila juga mengakui bahwa ada hikmah yang bisa ia petik saat berhadapan dengan musush-musuh tangguh tersebut.

“Kita jadikan pengalaman dari segi individual. Memang lawan-lawannya cukup berat dan berpengalaman, jadi kita banyak uji tanding dengan mereka dan kita bisa tahu kelemahan dan kekurangan yang bisa kita perbaiki,” ujar Aldila.

Di sisi lain, Aldila juga mengatakan bahwa bertahannya Indonesia di Grup I zona Asia/Oseania membuktikan bahwa sebetulnya kualitas petenis Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya. “Kami hanya kurang jam terbang,” katanya.

Untuk diketahui, keberhasilan tim Piala Fed Indonesia kemarin juga mengulang sejarah satu dekade lalu. Pada tahun 2009, pencapaian serupa diraih Indonesia melalui Sandy Gumulya, Ayu Fani Damayanti, Lavinia Tananta, dan Jessy Rompies.

Mereka membuat Indonesia berhasil bertahan di Grup I zona Asia/Oseania setelah duduk di posisi kedua pool A, dan mengalahkan Thailand 3-0 di babak playoffs.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Isa Bustomi

Evaluasi Piala Fed, Aldila Sutjiadi: Kami Masih Kalah Pengalaman