JawaPos Radar | Iklan Jitu

Fantastis, Harga Sepeda Atlet Profesional Bisa Mencapai Rp 200 juta

12 Januari 2019, 18:14:19 WIB
Asian Track Championship 2019, balap sepeda, Indonesia, UCI
Pelatih balap sepeda Dadang Haris Purnomo (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Balap sepeda merupakan salah satu olahraga yang tergolong golong mahal. Butuh modal besar untuk terjun dalam cabang olahraga tersebut.

Salah satu yang membuat biaya olahraga tersebut mahal adalah harga sepeda yang digunakan oleh para atletnya. Harga satu sepeda bisa mencapai ratusan juta rupiah.

"Untuk harga sepeda yang dipakai di level Asia atau dunia bisa mencapai di atas Rp 200 juta. Tim nasional Indonesia ada yang memakai sepeda seharga itu," ucap pelatih balap sepeda Dadang Haris Purnomo di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Sabtu (12/1).

Menurut Dadang, ada beragam merk sepeda mahal yang kerap menjadi andalan para atlet. "Mereknya bermacam-macam yang dipakai oleh mereka (atlet timnas, Red). Ada Loop, Argon, dan Cervelo. Ada yang murah juga. Kurang lebih dengan paket lengkap harganya Rp 80 juta hingga Rp 100 juta. Yang murah tersebut biasanya untuk anak-anak junior," jelasnya.

Dadang menambahkan, mahalnya harga sepeda tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya sepeda-sepeda tersebut mengusung teknologi canggih untuk memudahkan para atlet yang menungganginya.

Bahan utama rangka sepeda juga menjadi salah satu pembeda harga sepeda. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin tahan banting sepeda itu di lintasan balap. Harga sepeda juga bisa menjadi lebih tinggi jika terbuat dari bahan berkualitas, tapi tetap enteng.

"Contoh, body sepeda itu menggunakan bahan karbon. Beratnya memang hampir sama, tetapi lebih kokoh. Ada beban minimalnya. Fullback minimal harus memiliki beban 6,8 kg. Itu minimum yang diperbolehkan," kata Dadang.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Bintang Rahmat

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini