JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tim Piala Fed Indonesia Bertahan di Grup I Zona Asia/Oseania

11 Februari 2019, 15:44:32 WIB
Tenis, Indonesia, Piala Fed
Tim tenis putri Indonesia Jessy Rompies (kiri), Deria Nur Haliza, Beatrice Gumulya, dan Aldila Sutjiadi. (Dok Pelti)
Share this

JawaPos.com - Indonesia berhasil memenuhi target di Piala Fed Grup I zona Asia/Oseania. Aldila Sutjiadi dan kawan-kawannya berhasil membuat Indonesia bertahan di Grup I.

Untuk diketahui, Merah Putih mengawali perjuangan di pool B bersama Korea Selatan, Tiongkok, dan Oseania Pasifik. Dari tiga pertandingan tersebut, para Srikandi tenis yang terdiri dari Aldila, Jessy Rompies, Beatrice Gumulya, dan Deria Nur Haliza hanya mencatatkan satu kemenangan atas Oseania Pasifik.

Meski kalah di dua laga melawan Korea Selatan dan Tiongkok, Indonesia punya satu kans terakhir untuk bisa bertahan di Grup I, yakni berhadapan dengan Thailand dari pool A. Menghadapi para petenis Negeri Gajah Putih, tim yang dikapteni Deddy Tedjamukti itu berhasil menang dengan skor 2-1.

Poin Indonesia disumbang oleh Aldila di nomor tunggal serta nomor ganda yang dimainkan oleh Jessy/Aldila. Aldila berhasil menang 3-6, 6-0, 7-6 (tie break 7-5) atas Nudninda Luangnam. Sementara di sektor ganda bersama Jessy, mereka memastikan kemenangan Indonesia usai mengalahkan Nudnida Luangnam/Peangtarn Pilpuech dengan skor 6-2, 7-6 (tie break 7-3).

Ini adalah yang pertama kalinya Indonesia bisa bertahan di Grup I Piala Fed setelah tahun 2009 lalu. Waktu itu, Indonesia juga meraih prestasi serupa melalui tangan Sandy Gumulya, Ayu Fani Damayanti, Lavinia Tananta, dan Jessy Rompies.

"Tentu kita bangga. Mempertahankan itu lebih sulit. Kita harapkan bisa menang lawan Korea, tapi memang sulit. Tapi bisa mempertahankan di Grup I saja itu betul-betul merupakan sebuah prestasi," ujar Ketua Umum Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti), Rildo Ananda Anwar di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Menurut Rildo, pencapaian yang diraih tim merah putih ini sesuai target. Ini juga untuk pemanasan tim menuju SEA Games 2019 yang akan berlangsung akhir tahun mendatang. "Nanti kita akan bicara dengan pengurus (untuk SEA Games 2019). Seperti dikatakan Deddy (Tedjamukti), kita akan lakukan evaluasi terus," tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up