JawaPos Radar | Iklan Jitu

SEA Games 2019

Tenis Targetkan Dua Medali Emas di SEA Games 2019

11 Februari 2019, 16:35:34 WIB
SEA Games 2019, tenis, Pelti, Rildo Ananda Anwar
Ketua Umum Pelti Rildo Ananda Anwar (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (Pelti) terus terus memperisapkan para atletnya untuk SEA Games 2019 mendatang. Tim Merah Putih ditargetkan dapat meraih dua medali emas dalam multi-event terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Target tersebut tidak terlepas dari keberhasilan Indonesia di SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018 lalu. Tahun lalu, Indonesia melalui pemain tunggal putra Christopher Rungkat berhasil membawa pulang satu medali emas. Kemenangan Christo atas petenis Thailand Jirat Navasirisomboon itu juga sekaligus menjegal ambisi Thailand untuk menyapu bersih lima medali emas setelah sukses memboyong empat medali emas di sektor lainnya.

Setahun kemudian, Christo kembali membawa pulang medali emas. Kali ini bersama Aldila Sutjiadi di nomor ganda campuran. Mereka menghempaskan wakil tangguh Thailand Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum.

Keberhasilan tim Piala Fed Indonesia bertahan di Grup I zona Asia/Oceania pada pekan lalu turut menghadirkan kepercayaan diri sendiri. Atas tiga faktor tersebut, pemerintah pun berharap tenis bisa membawa pulang dua medali emas dari Filipina nanti.

"Belum lama ini saya sudah rapat di Kemenpora. Saya ditanya targetnya apa? Saya bilang target di dua emas dari lima partai. Dua medali emas dari sektor ganda campuran yakni Christo/Aldila dan ganda putri," kata Ketua Umum Pelti Rildo Ananda Anwar di Tenis Outdoor Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Meski sudah memasang target, Pelti sampai saat ini masih mencari skema dari kerangka tim yang akan berlaga di SEA Games 2019. Selain Christo/Aldila, Pelti masih belum menentukan sisa skuad yang akan turun.

"Untuk komposisi tim yang akan berlaga di SEA Games 2019 mendatang, kita nanti akan memantau pemain-pemain yang sebelumnya sudah masuk skuat Piala Fed dan Piala Davis," katanya.

Mengomentari instruksi Kemenpora di mana atlet yang berlaga di SEA Games 2019 harus dalam komposisi 60 persen atlet muda dan 40 persen atlet senior, Rildo menuturkan bahwa prinsipnya ia akan tetap memberangkatkan pemain yang punya potensi meraih medali.

"Kalau 60 atlet muda dan 40 atlet senior, artinya ada pemain junior tiga orang dan senior dua orang untuk masing-masing sektor putra dan putri. Tapi kalau senior masih diandalkan dan berpeluang raih emas, tetap kita pertahankan. Tentu atlet junior juga akan kita masukkan," tutup Rildo.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up