alexametrics

KOI Indikasikan Pangkas Jumlah Ofisial untuk SEA Games 2017

9 Juli 2017, 01:37:48 WIB

JawaPos.com – Keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus merupakan tugas dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Namun, dalam melaksanakan peran tersebut, KOI harus berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kemenpora dan Satlak Prima.  

“Tugas KOI sendiri sudah jelas, yakni memberangkatkan atlet dan ofisial ke ajang SEA Games 2017, serta memfasilitasinya, mulai dari perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan, hingga akhirnya setelah SEAG 2017 berakhir, harus melaporkan hasilnya kepada Menpora,” ujar ketua KOI, Erick Thohir, dalam siaran persnya, seperti dilansir Indopos (Jawa Pos Group). 

Hal ini disampaikan Erick berkaitan dengan ketersediaan dana yang digelontorkan Kemenpora untuk keberangkatan kontingen ke Kuala Lumpur sebesar Rp 30,5 miliar. Jumlah itu lebih sedikit dari anggaran yang diajukan KOI sebesar Rp 43 miliar. 

Dengan kondisi tersebut, walaupun jumlah atlet harus dikonsultasikan dengan Satlak Prima dan Kemenpora, memunculkan opsi untuk mengurangi jumlah ofisial karena semula panitia memberikan kuota 100 atlet dengan 25 ofisial, tidak seperti kegiatan multievent lainnya yang biasanya kuota ofisial adalah 50% dari jumlah atlet. 

Hal ini juga menjadi tantangan bagi KOI dalam menentukan jumlah ofisial sesuai aturan yg diberlakukan penyelenggara mengingat jumlah ofisial yang diajukan PB dan Satlak Prima semula 123 orang dengan jumlah atlet 534. Sehingga harus dibagi 4 banding 1 sesuai permintaan penyelenggara. 

Menurut Erick, karena hal itu kemudian KOI mengundang cabor untuk menjelaskan mengenai kuota dari penyelenggara ditambah juga anggaran yang lebih sedikit dari pengajuan KOI. Banyak PB/PP yang berkeberatan atas pengurangan, sehingga KOI menyikapi dengan meminta penyelenggara memberlakukan kuota sesuai aturan SEAGAMES charter yang kemudian disetujui dan bahwa diberlakukan kuota ofisial sebesar 50% dari atlet.

Selanjutnya KOI kembali menyampaikan informasi penambahan kuota kepada PB/PP, disamping Pihak Satlak Prima mengadakan pertemuan dengan PB/PP dengan hasil penambahan ofisial dari 123 ofisial menjadi 166 orang ofisial pada tanggal 5 Juli. 

Dalam Rapat Koordinasi antara Kemenpora, Satlak Prima, KOI telah menyampaikan jumlah seluruh Kontingen yang akan menggunakan biaya negara adalah berjumlah: atlet 534, ofisial 166, dan Headquater 55 orang. Sehingga jumlah Kontingen Indonesia adalah 755 orang. Dengan jumlah anggaran Rp 30,5 miliar, tentu tidak akan cukup untuk membawa Kontingen Indonesia ke SEA Games 2017 di Malaysia. (bam/epr/JPG)

Editor : Edy Pramana



Close Ads
KOI Indikasikan Pangkas Jumlah Ofisial untuk SEA Games 2017