alexametrics

Wisma Atlet PON XX/2020 Bakal Rampung 2018

6 Mei 2017, 15:35:56 WIB

JawaPos.com – Gubernur Papua, Lukas Enembe, memastikan pembangunan wisma atlet untuk PON XX/2020 Papua di kawasan Stadion Mandala, Jayapura, yang saat ini dalam proses pembangunan, bakal rampung pada 2018.

Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di Jajaran Pemprov Papua itu, ketika meninjau secara langsung pembangunan wisma atlet pada Jumat (5/5). “Saya datang melihat finishing bangunan untuk wisma atlet dan kantor KONI Papua berlantai tujuh,” ungkapnya.

Menurutnya, program pembangunan gedung berlantai tujuh dengan 50 kamar tersebut sudah dalam tahap finishing dan diharapkan sudah operasional tahun depan. “Nantinya setiap kamar akan diisi 12 orang atlet, bangunan ini sekaligus dipersiapkan untuk PON 2020,” imbuh Lukas Enembe.

Untuk fasilitas pendukung seperti jaringan telekomunikasi, jaringan televisi, dan WiFi sudah selesai. Bangunan ini juga dilengkapi fasilitas latihan atlet, sehingga jika sudah selesai dapat difungsikan untuk para atlet bisa dilatih diruangan hall. “Selain dijadikan sebagai wisma atlet, gedung tersebut juga akan dijadikan sebagai kantor KONI Papua,” katanya lagi.

Guna menyukseskan PON XX/2020 di Papua, Pemerintah Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Lukas Enembe dan Klemen Tinal akan menata kawasan stadion Mandala seperti membangun fasilitas olahraga untuk cabang olahraga angkat besi, angkat berat dan binaraga. “Bangunan yang ada di stadion Mandala akan diperbaiki, sebab ini merupakan milik pemerintah daerah,” bebernya.

Selain itu, Lukas Enembe menuturkan lahan yang ada di stadioan Mandala milik pemerintah daerah,” Kami akan bangun fasilitas baru seperti GOR untuk angkat besi, binaraga dan angkat berat. Sebab potensi untuk meraih medali emas pada PON XX/2020 berada pada tiga cabang olahraga ini,” tuturnya.

Sebagai cabang olahraga yang diharapkan meraih medali, Gubernur memasukan cabor binagara dan angkat sebagai cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX/2020 mendatang di Papua.

“Cabor Binaraga dan angkat berat tidak tidak masuk dalam cabang yang dipertandingkan. Namun ada kewenangan gubernur untuk menambah cabor,” ucap Lukas Enembe.

Ditambahkan, pembangunan fasilitas olahraga di kawasan Stadioan Mandala Jayapura dinilai sangat penting, sebab fasilitas yang ada saat ini merupakan fasilitas dari zaman Gubernur Acub Zainal.

“Bangunannya sudah rusak semua, tidak pernah diperhatikan oleh gubernur sebelumnya. Oleh karena itu kita akan memperbaiki bangunannya, GOR dan fasilitas,” pungkasnya. (yan/ira/JPG)

Editor : Irawan Dwi Ismunanto



Close Ads
Wisma Atlet PON XX/2020 Bakal Rampung 2018