alexametrics

PB PASI Tolak Beasiswa Luar Negeri untuk Zohri, Ini Kata Kemenpora

4 September 2018, 19:55:05 WIB

JawaPos.com – Meskipun hanya meraih perak di nomor 4×100 meter estafet putra Asian Games 2018, nama Lalu Muhammad Zohri masih menjadi perhatian banyak pihak. Hal ini dibuktikan dengan adanya tawaran beasiswa untuk Zohri dari berbagai negara tetangga.

Namun, PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia) menolak pemberian beasiswa dari luar tersebut. Sekjen PB Pasi Tigor Tanjung beralasan, penolakan itu dilakukan karena dikhawatirkan Zohri tidak cocok tinggal di luar negeri. Terlebih lagi, Zohri sudah mendapat pelatihan khusus dari pelatih kelas dunia di Indonesia.

Terkait hal ini, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menuturkan bahwa sebetulnya pihaknya agak menyayangkan penolakan tersebut, meskipun keputusan akhir tetap berada di tangan Zohri dan PB PASI. Isnanta berpendapat, dengan menerima beasiswa ke luar negeri, Zohri bisa mendapat pengalaman baru dan punya standar baru dalam karirnya.

“Tergantung pembina dan Zohri. Kalau sudah diperhitungkan dan memilih di Indonesia, ya silahkan,” kata Isnanta, Selasa (4/9).

Lebih lanjut, Isnanta mengungkapkan sebenarnya Zohri sudah dilirik sejak memenangi Kejuaraan Dunia Atletik U-20 beberapa bulan lalu. Menurut Isnanta, tawaran tersebut sebetulnya bisa menjadi kesempatan yang baik buat Zohri untuk mengembangkan potensinya.

“Kalau saya pribadi sih lebih senang (Zohri, Red) latihan di luar. Karena di sana lebih kompetitif. Karena kalau tidak ada teman latihan yang selevel di Indonesia, level berjuangnya juga kurang,” kata Isnanta.

Untuk diketahui, Zohri menjadi pusat perhatian setelah ia menjadi juara dunia U-20 di nomor lari 100 meter dengan catatan waktu 10,18 detik. Di Asian Games 2018, Zohri gagal mengulangi prestasi tersebut setelah hanya mampu finis di urutan 5. Namun, Zohri berhasil mengobati kekecewaan tersebut dengan meraih medali perak di nomor estafet 4×100 meter putra bersama Fadlin Ahmad, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (mat/JPC)

PB PASI Tolak Beasiswa Luar Negeri untuk Zohri, Ini Kata Kemenpora