alexametrics

Sepatu Michael Jordan Diprediksi Laku Antara Rp 9,5 M Sampai Rp 12,4 M

31 Juli 2020, 16:56:31 WIB

JawaPos.com – Sebelas pasang sepatu Nike yang pernah dipakai legenda terbesar NBA Michael Jordan akan masuk lelang. Termasuk sepasang yang bakal menciptakan rekor sepatu olahraga termahal di dunia.

Primadona penjualan online itu adalah Air Jordan 1 High yang dikenakan Jordan dalam sebuah pertandingan ekshibisi pada 1985 di Italia. Saat itu, Jordan menghujamkan dunk yang demikian keras sampai-sampai papan ring pecah berserakan.

Pecahan kaca itu bahkan masih menyangkut di bagian kiri dari sepasang sepatu tersebut. “Itu adalah momen yang ikonik dalam sejarah olahraga,” kata Caitlin Donovan, kepala penjualan tas dan sepatu balai lelang Christie’s yang menyelenggarakan lelang di Stadium Goods.

Sepatu merah, putih dan hitam yang ditandatangani oleh Jordan itu diperkirakan terjual antara USD 650 ribu sampai dengan USD 850 ribu (antara Rp 9,5 miliar sampai 12,4 miliar).

Jika sepatu itu terjual pada harga minimalnya saja, maka itu akan memecahkan rekor harga sepatu olahraga termahal sepanjang masa. Saat ini, rekor masih dipegang oleh sepasang sepatu Air Jordan yang dilelang di balai lelang Sotheby’s Mei silam pada harga USD 560 ribu atau sekitar Rp 8,1 miliar.

Pasangan sepatu lainnya yang akan dilelang sampai 13 Agustus itu adalah Nike Air Ship yang dipakai Jordan saat dia menjadi rookie bersama Chicago Bulls pada 1984. Sepasang sepatu ini dibanderol dengan harga USD 550.000 (Rp 8,067 miliar).

Air Jordan 7 Olympic yang dipakai Jordan dalam final Olimpiade Barcelona 1992 juga mahal. Sepatu itu didaftar pada harga USD 50 ribu sampai USD 70 ribu. Christie’s memperkirakan bakal meraup total dana mencapai USD 2 juta atau Rp 29,3 miliar dari lelang tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar, Antara



Close Ads