Pebulu Tangkis Pelatnas: Idul Fitri Tak Boleh Pulang, Idul Adha Boleh

31 Juli 2020, 15:09:28 WIB

JawaPos.com – Saat Idul Fitri, atlet tidak diperbolehkan keluar dari kompleks pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur.

Bagaimana momen Idul Adha hari ini? Ternyata beda. Kali ini atlet boleh pulang.

Bagi atlet yang tidak pulang, PBSI sudah siap menggelar salat Id dan pemotongan hewan kurban yang berupa sapi dan kambing di kompleks pelatnas Cipayung.

Namun, menurut Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, atlet yang hendak pulang harus melalui tiga rekomendasi. Mulai meminta izin dari pelatih, dokter, dan terakhir dari Kabidbinpres.

”Jadi agak susah, ya. Kalau dulu, kan asal pelatih bisa mengizinkan, boleh pulang. Sekarang tidak. Jadi tidak gampang,” paparnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin (30/7).

Budi tidak hafal siapa saja atlet yang mendapat izin untuk pulang. ”Kami sih menyarankan untuk tidak pulang,” katanya.

Terlebih, situasi di luar pelatnas belum kondusif. Setiap hari terjadi penambahan orang yang terpapar virus korona. Karena itu, PBSI patut khawatir. Sebab, jika ada atlet pulang dan terpapar, yang bersangkutan akan membahayakan bagi atlet lain yang tidak pulang.

Sejauh ini, pelatnas sudah sangat ketat dalam mengontrol kesehatan atlet. Sejak mengikuti All England pada 11-15 Maret, atlet sudah menjalani karantina mandiri di pelatnas. Tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat latihan Fajar Alfian dkk.

”Tapi, kalau memang ada kepentingan khusus, ya boleh pulang. Tapi, protokol dan syaratnya tetap,” ucapnya.

Kabidbinpres Susy Susanti menambahkan, saat hari raya ini atlet diliburkan. Hanya, yang tetap ingin menjalani latihan juga dipersilakan. ”Tidak ada paksaan. Bebas saja,” tuturnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c11/bas



Close Ads