JawaPos Radar

Peluang Novendra Raih Grandmaster Pupus

30/04/2018, 16:38 WIB | Editor: Budi Warsito
Peluang Novendra Raih Grandmaster Pupus
Novendra saat bertanding melawan Yoseph Taher sesama pecatur top Indonesia (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Peluang pecatur andalan Indonesia Novendra Priasmoro untuk meraih gelar Grandmaster pupus. Novendra dikalahkan oleh pecatur Indonesia lainnya Winshand Cuhendi Sean.

Winshand Cuhendi Sean mengalahkaan Novendra pada babak kedelapan. Dengan kekalahan tersebut, otomatis poin yang akan didapatkan Novendra pada dua babak terakhir yakni 10 dan 11 maksimal hanya tujuh poin.

Sementara, untuk bisa meraih grandmaster kedua minimal poin yang harus didapatkan yakni 7,5 di babak 11. "Dengan kekalahan ini otomatis peluang Novendra untuk meraih norma dua grandmaster sudah tidak ada. Meskipun di babak ke sembilan dia mampu mengalahkan Susanto Mergantoro," kata Pengurus Besar (PB) Percasi Bidang Pembinaan Kristianus Liem kepada JawaPos.com, Senin (30/4).

Sampai babak ke sembilan ini, poin yang mampu dikumpulkan Novendra sebanyak lima poin. Sementara rangking Kejuaraan Dunia Catur Putra dalam JAPFA Grandmaster and Women Grandmaster Tournament sampai ronde ke sembilan dikuasai oleh pecatur dari Rusia Anton Demchenko dengan raihan 6,5 poin.

Di posisi kedua adalah Timur Gareyev dari Amerika dengan raihan 6,5 poin. Dan di posisi ke empat, ada pecatur dari Tiongkok Qun Ma dengan torehan poin 6,0. Di posisi keempat, ditempati pecatur Singapura Kevin Goh Wei Ming dengan poin 5,0.

Sedangkan pecatur Indonesia Novendra Praismoro hanya menempati posisi ke lima dengan 5 poin. "Untuk pecatur Indonesia ini masih punya kesempatan untuk memperbaiki rangking. Kalau masuk tiga besar sepertinya sulit. Tapi ya tetap ada peluang," tandasnya.
Kejuaraan catur tingkat dunia ini masih menyisakan dua babak lagi, yakni babak 10 dan 11. Untuk babak 10, akan digelar hari ini. Sedangkan untuk babak sebelas, akan digelar Selasa (1/5) besok. Setelah itu dilanjutkan dengan seremoni penutupan.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up