Jadwal Baru Olimpiade Tahun Depan Bocor ke Media

30 Maret 2020, 14:35:04 WIB

JawaPos.com − Komite olahraga nasional di seluruh dunia sedang menanti-nanti jadwal baru Olimpiade Tokyo yang diundur hingga tahun depan. Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri terus mematangkan pembahasan tahap akhir penjadwalan ulang penyelenggaraan multievent terbesar di dunia itu.

Nah, kemarin (29/3) media-media lokal Jepang mendapatkan bocoran kapan pesta pembukaan dan penutupan Olimpiade tersebut digelar.

Media-media Jepang mengabarkan bahwa IOC dan panitia Olimpiade sudah mencapai tahap final dalam penentuan tanggal baru penyelenggaraan ajang olahraga empat tahunan tersebut. Sangat mungkin tetap jatuh pada Juli.

Mengutip sumber yang enggan disebutkan namanya, NHK melansir bahwa pesta pembukaan Olimpiade Tokyo dibuka pada 23 Juli 2021. Sementara itu, seremoni penutupan dilaksanakan pada 8 Agustus.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Selasa (24/3) sudah mengumumkan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 yang sedianya berlangsung pada 24 Juli−9 Agustus 2020 harus ditunda. Sebab, sebagian besar negara saat ini berjibaku melawan pandemi Covid-19. Keputusan tersebut diambil setelah Abe melangsungkan pertemuan jarak jauh dengan para petinggi IOC. Termasuk presiden organisasi tersebut, yakni Thomas Bach.

Penundaan itu menjadi pukulan telak bagi Jepang yang sudah menghabiskan dana USD 12 miliar (Rp 193 triliun) untuk mempersiapkan hajatan akbar tersebut. Meski demikian, krisis kesehatan yang tengah menjalar besar di dunia membuat pihak-pihak sponsor mengantisipasi sejak awal keputusan penundaan tersebut.

Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura menyebut pemerintah Jepang tengah menyusun langkah-langkah stimulus ekonomi untuk mengatur kembali pendanaan Olimpiade. Penundaan itu diprediksi membuat anggaran Olimpiade membengkak sampai puluhan miliar dolar AS. ’’Kami akan menghitung ulang dan mempertimbangkan segala kemungkinan,’’ ucap Nishimura sebagaimana dilansir Reuters.

Presiden Panitia Olimpiade Yoshiro Mori juga mengamini bahwa jadwal baru olimpiade tidak akan jauh berbeda dengan jadwal semula. Meski demikian, mantan perdana menteri Jepang itu belum mau menyebut tanggal pastinya.

’’Tidak akan ada perubahan besar-besaran. Artinya, akan tetap berlangsung pada musim panas. Waktunya sangat mungkin antara Juni dan September,’’ ucap Mori sebagaimana dilansir Kyodo News Agency.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c15/cak



Close Ads