Atlet Yang Sudah Lolos Olimpiade Dipastikan Tak Akan Kehilangan Posisi

30 Maret 2020, 16:18:25 WIB

JawaPos.com – Presiden Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengungkapkan bawha hingga saat ini pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC) belum memberikan jawaban pasti terkait periode kualifikasi Olimpiade yang ditunda.

Dalam telekonferensi yang diadakan pada Selasa (30/3), kepada wartawan Okto menyampaikan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan IOC terkait kepastian jadwal Olimpiade Tokyo 2020 dan babak kualifikasi.

“Proses kualifikasi kan belum ada yang selesai, makanya NOC langsung menanyakan teknis kepada IOC terkait penundaan itu,” ucapnya.

“Tapi IOC belum membahas detail Olimpiade. Kami sudah berkomunikasi intensif soal banyak hal, terutama penundaan Olimpiade, namun fokus masih soal Covid-19,” tambah Okto.

Okto menambahkan, federasi internasional cabang olahraga telah menyerahkan semua kebijakan terkait kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 kepada IOC. Sementara untuk kualifikasi diakumulasi kepada IOC. Tetapi, IOC belum membuat kebijakan baru soal proses kualifikasi itu.

“Kami sama-sama tahu ada beberapa proses kualifikasi yang tak jadi terlaksana karena virus korona. Hal itu sudah kami tanyakan, tetapi belum ada jawaban dari IOC,” ujarnya.

Kepastian kualifikasi Olimpiade Tokyo memang belum jelas. Namun IOC telah memastikan atlet yang telah lolos kualifikasi tidak akan kehilangan posisinya. Keputusan itu diambil setelah IOC melakukan telekonferensi bersama 32 federasi olahraga internasional pada Jumat (27/3).

Sebagaimana diketahui, hingga kini ada lebih dari 40 persen kuota atlet yang akan tampil di Olimpiade 2020 belum terisi. Kemungkinan untuk menyelesaikan kualifikasi kuota 40 persen itu hingga 24 Juli juga sangat kecil.

Tidak ada ajang olahraga, termasuk yang menjadi tempat kualifikasi menuju Olimpiade 2020 yang digelar karena situasi serba tak pasti lantaran pandemi virus korona.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar



Close Ads