alexametrics

Misterius, Alasan Pergantian Pembalap dari Bradley Smith ke Savadori

29 Oktober 2020, 18:41:37 WIB

JawaPos.com – Aprilia akan menggantikan Bradley Smith dengan Lorenzo Savadori di tiga race tersisa musim ini. Smith –yang sebelumnya berstatus sebagai pembalap uji Aprilia– masuk ke line-up pembalap musim ini setelah Andrea Iannone dijatuhi hukuman 18 bulan karena kasus doping.

Sementara itu, Savadori hadir menjadi test rider terbaru bagi tim asal Noale tersebut.

Savadori juga merupakan pembalap Aprilia di pentas WSBK pada 2016–2018. Selama tiga musim berkompetisi, dia belum sekali pun merasakan podium. Prestasi terbaiknya hanyalah dua kali finis keempat.

Rencananya, Savadori menjalani debut pada GP Eropa yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pekan depan. Dia juga akan membalap pada balapan kedua di GP Valencia dan race penutup di Sirkuit Algarve, Portugal. Massimo Rivola, CEO Aprilia Racing, menyampaikan terima kasih kepada Smith atas kontribusinya buat tim selama ini.

Namun, belum diketahui alasan pasti soal pergantian tersebut. Rivola hanya mengatakan bahwa promosi Savadori adalah bentuk hadiah Aprilia atas penampilan hebatnya. Tepatnya pada ajang CIV (Kejurnas Balap Italia) di kategori superbike.

’’Ini menjadi langkah maju untuk perkembangan pembalap yang (kembali) menjadi test rider kami pada musim 2021,” terang Rivola di laman resmi Aprilia.

Aprilia juga belum menentukan tugas Smith selanjutnya bersama tim. Namun, Crash mengonfirmasi bahwa Smith masih menjadi bagian tim asal Italia tersebut.

Nah, sebagai pembalap pengganti dan tidak dijagokan, Savadori semakin terpacu untuk memberikan pembuktian. ’’Itu adalah kompetisi menantang yang menuntutku untuk menampilkan kemampuan terbaik dan konsentrasi maksimal,” paparnya.

Saat ini, Aprilia belum menentukan siapa rider yang akan mengisi satu slot pembalap mereka musim 2021. Beredar kabar bahwa Smith, Cal Crutchlow, dan Andrea Dovizioso dikaitkan dengan Aprilia. Namun, Dovizioso juga dikaitkan dengan Honda mengenai opsi sebagai pembalap uji mereka musim depan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c7/bas



Close Ads