alexametrics

Penakluk Liem Swie King Nilai Pemain Tiongok Sudah Tak Ditakuti

29 Juni 2020, 19:50:20 WIB

JawaPos.com – Legenda bulu tangkis India Prakash Padukone mengatakan bahwa pemain India sudah tidak takut jika bertemu dengan pemain Tiongkok.

Juara All England 1980 itu menuturkan bahwa dua pemain putri Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal adalah titik kebangkitan bulu tangkis India.

Apalagi, dalam era Sindhu dan Nehwal, bulu tangkis Tiongkok memang sedang mendominasi dunia. Puncaknya terjadi pada Olimpiade London 2012. Ketika itu, Tiongkok menyapu bersih lima medali emas.

Namun, seiring berjalannya waktu, para pemain dari negara lain termasuk India lebih percaya diri.

“Mereka adalah superstar yang sesungguhnya,” kata Padukone sebagaimana dilansir Olympic Channel.

“Ada masa ketika para pemain India takut dengan pemain-pemain Tiongkok. Ketika hasil undian mempertemukan mereka dengan pemain Tiongkok pada babak pertama, mereka tak yakin bisa menembus babak berikutnya. Namun, keadaan sudah betul-betul berubah sekarang,” kata pemain yang mengalahkan legenda Indonesia Liem Swie King pada final All England 1980 itu.

India mulai bangkit setelah Saina Nehwal sukses mencapai perempat final Olimpiade Beijing 2008. Dia lalu mendulang enam gelar juara Superseries dalam tiga tahun selanjutnya.

Nehwal lalu mendulang perunggu Olimpiade London 2012. Ini adalah medali pertama bulu tangkis India pada multievent terbesar empat tahunan itu.

Pada Rio 2016, Sindhu malah lebih baik. Dia mencapai final dan mendulang perak. Bahkan tahun lalu, Sindhu menjadi juara dunia.

“Mereka telah mengalahkan pemain-pemain terbaik, entah itu dari Denmark atau Korea Selatan. Mereka tampil tanpa rasa takut. Sekarang, yang menjadi tugas mereka adalah konsisten pada ajang-ajang besar,” ucap Padukone.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar



Close Ads