alexametrics

Hasil Kualifikasi Formula 1 GP Monako: Leclerc Pole, Ferrari 1-2

29 Mei 2022, 00:01:13 WIB

JawaPos.com – Asa pembalap Ferrari Charles Leclerc berjaya di balapan kandang, sejauh ini berjalan mulus.

Pembalap Monako tersebut mengamankan pole position untuk memulai start terdepan di balapan GP Monako besok malam nanti.

Catatan waktunya 1 menit 11,376 detik. Itu lebih cepat 0,225 detik dari rekan setimnya Carlos Sainz Jr yang mengamankan posisi start kedua.

Sementara di tempat ketiga ada Max Verstappen (Red Bull) yang pada balapan sebelumnya di Barcelona berhasil merebut posisi puncak klasemen dari Leclerc.

Leclerc belum pernah merasakan hasil bagus setiap kali membalap di jalanan Monte Carlo.

Sejak naik kasta ke di F1 pada 2018, dia tak pernah meraih hasil maksimal. Catatan terbaik pembalap 24 tahun itu sejauh ini di GP Monako adalah finis di P18 pada 2018. Dan itu di luar zona poin.

Musim lalu dia gagal finis. Begitu juga di 2019. Pada 2020 sendiri GP Monako tidak digelar lantaran Covid-19.

Pole di Monako ini menjadi yang kelima sepanjang musim ini.

Start dari posisi terdepan juga memberinya kesempatan mengambil alih lagi puncak klasemen pembalap atas rival terkuatnya musim ini yakni juara bertahan Max Verstappen.

Apalagi di posisi start kedua ada Sainz yang bisa dimanfaatkan untuk menghadang Verstappen dan memberikan ruang kepada Leclerc agar melarikan diri besok.

Verstappen kini memuncaki klasemen pembalap dengan raihan 110 poin. Leclerc membuntuti di belakangnya dengan terpaut 6 angka.

Kesempatan menyalip poin Verstappen cukup terbuka karena pembalap asal Belanda itu hari ini memulai balapan dari posisi empat.

Pole position Leclerc ini dia dapat setelah ada insiden kecelakaan antara Sainz dan Perez di kualifikasi ketiga. Kejadian itu membuat sesi kualifikasi terakhir diwarnai red flag dan akhirnya dihentikan lebih cepat.

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads