alexametrics

Indonesia Punya Peluang Jadi Host Playoff Piala Asia 2021

29 April 2021, 10:09:17 WIB

JawaPos.com – Indonesia berpotensi menggelar babak playoff kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Fase tersebut merupakan babak yang mempertemukan peringkat ketiga setiap grup untuk meraih tiket ke putaran final. Artinya, itu merupakan fase paling akhir dari proses kualifikasi.

Laga playoff dijadwalkan berlangsung pada 12 hingga 14 Agustus 2021. Atau hanya berselang tiga hari sebelum babak utama yang digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Wasekjen PP Perbasi Rufiana tidak menampik hal tersebut. FIBA juga sudah menawarkan hal itu. Hanya, Perbasi belum bisa langsung memutuskan. ”Kami belum memberikan jawaban ke FIBA karena harus dibicarakan secara internal. Ini kan berarti ada event lagi. Meski event ini bisa jadi test event untuk melihat kesiapan kami,” katanya.

Rufiana menjelaskan, ada beberapa pertimbangan soal jadwal playoff yang mepet dan Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Hal itu berkaitan dengan antisipasi gejolak pandemi yang belum mereda.

Rufiana pun setuju dengan pemikiran FIBA. ”Ini untuk meminimalkan perjalanan. Kalau (playoff) di Indonesia, negara yang lolos bisa langsung main di Jakarta. Tidak perlu jauh-jauh untuk pindah negara. Apalagi, saat ini kan juga ada proses karantina. Tiap negara beda,” terangnya.

Dalam babak playoff, masing-masing peringkat ketiga grup akan memperebutkan empat slot dalam FIBA Asia Cup 2021. Termasuk Indonesia jika finis di peringkat ketiga nanti.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c9/bas

Saksikan video menarik berikut ini: