JawaPos Radar

JAPFA GM and WGM Tournament

Pecatur Luar Dominasi Babak Enam dan Tujuh

29/04/2018, 18:28 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kejuaraan Catur
SERIUS: Novendra saat bertanding melawan Yoseph Taher sesama pecatur top Indonesia. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gelaran JAPFA Grandmaster and Women Grandmaster Tournamen sudah memasuki babak kedelapan pada Minggu (29/4). Pada babak sebelumnya, yakni babak enam dan tujuh, pecatur luar negeri terlihat mendominasi. 

"Untuk babak keenam dan tujuh ini pecatur luar memang lebih mendominasi, seperti Timur Gareyev yang menang melawan Yoseph Taher di babak ketujuh. Kemudian pecatur asal China Ma Qun yang berhasil mengalahkan Nguyen," terang Pengurus Besar (PB) Percasi Bidang Pembinaan, Kristianus Liem kepada JawaPos.com, Minggu (29/4). 

Sementara untuk pecatur putra andalan Indonesia Priasmoro Novendra dan Yoseph Taher mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Dalam dua babak terakhir, Novendra hanya mampu mendapatkan satu poin saja. Poin tersebut didapatkan dari hasil remis dua pertandingan yang dijalaninya. Sementara Yosep Taher bahkan sempat menelan kekalahan sekali saat melawan Gereyev Timur. 

"Dengan hasil ini membuat peluang Novendra untuk mendapatkan norma grandmaster kedua pada babak kesembilan sirna," terang Liem.

Meski begitu, Novendra masih tetap punya peluang untuk meraih norma keduanya di babak ke sepuluh dan ke sebelah. Dengan catatan dirinya harus mampu mengumpulkan tujuh poin dan 7,5 poin. Sementara, sampai pada babak ketujuh Novendra sudah mendapatkan empat poin. 

"Memang masih terbuka, tapi untuk meraih poin tujuh atau 7,5 di babak kesebelas memang tidak mudah," katanya.

Kejuaraan catur tingkat dunia ini akan digelar hingga 11 ronde dan akan berakhir pada Senin (2/5) mendatang. Penutasan babak tersebut juga akan dilanjutkan dengan penutupan kejuaraan JAPFA Grandmaster and Womenmaster Tournament di Solo Paragon Hotel.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up