Proliga 2022

SBY Bangga, Walau Tim yang Dia Dirikan Adalah Debutan, Tapi Bisa Juara

29 Maret 2022, 19:11:26 WIB

JawaPos.com-Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bahagia dan bangga bahwa tim yang dia dirikan, Bogor LavAni, menjadi juara Proliga 2022.

Selain itu SBY juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, PP PBVSI, dan PT Proliga atas kesuksesan pelaksanaan ajang bola voli profesional tertinggi di Indonesia tersebut.

Proliga 2022 digelar di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 7 Januari hingga 27 Maret. Bogor LavAni menjadi juara sektor putra. Sedangkan Bandung Bank bjb Tandamata menjadi kampiun di sektor putri.

SBY mengatakan penyelenggaraan kegiatan olahraga dalam suasana pandemi Covid-19 masih naik dan turun. Tantangannya tidak ringan bagi pihak penyelenggara. Namun, menurutnya, Proliga 2022 dapat dilaksanakan dengan baik. Tanpa hambatan yang berarti.

“Tentu keluarga besar LavAni bersyukur karena klub kami berhasil menjadi Juara Proliga 2022,” kata SBY dalam keterangan tertulisnya.

“Sungguhpun demikian, keenam klub bola voli yang mengikuti turnamen ini memiliki kemampuan yang relatif berimbang. Dalam babak penyisihan boleh dikatakan saling mengalahkan satu sama lain,” tambah SBY.

Dengan suksesnya Proliga, pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur ini berharap bisa berdampak pada timnas bola voli pada SEA Games Hanoi Vietnam, Mei nanti. Apalagi timnas putra datang sebagai juara bertahan.

“Semoga pula timnas Indonesia kembali berjaya di SEA Games Hanoi. Insya Allah, bisa. Semoga pula, ke depan olahraga dan seni budaya makin mengisi ruang kehidupan masyarakat kita agar semakin teduh, rukun dan damai,” kata SBY.

Bogor LavAni menjadi juara dengan mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor tipis 3-2 (25-27, 25-19. 20-25, 25-18, 15-10) pada partai final.

Proliga 2022 sendiri secara resmi ditutup Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Minggu malam (27/3). Dan pihaknya bangga Bogor LavAni sebagai pendatang baru menjadi juara.

“Ini sebagai pertanda kalau pembinaannya sungguh-sungguh dan juga terlihat di dalam kerjasama tim yang baik maka hasilnya tidak akan membohongi proses. Saya berharap ini menjadi contoh yang baik buat klub-klub yang lainnya,” kata Menpora.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: