alexametrics

Tim-Tim Formula 1 Bersatu Membikin Ventilator Pernapasan

29 Maret 2020, 11:21:57 WIB

JawaPos.com – Seperti virus yang cepat menyebar, semangat kepedulian dan bahu-membahu membantu penanganan kasus penularan Covid-19 di Eropa juga terus menular.

Di Inggris, tujuh tim Formula 1 yang bermarkas di negeri kerajaan tersebut bersepakat memanfaatkan pabrik mereka untuk memproduksi alat kesehatan. Gerakan sosial tersebut diberi nama ’’Project Pitlane’’.

Tujuh tim Formula 1 yang berbasis di Inggris itu adalah Haas, McLaren, Mercedes, Racing Point, Red Bull, Renault, dan Williams. Langkah tersebut diambil untuk merespons permintaan pemerintah Inggris yang mengharap ada peningkatan produksi peralatan medis yang saat ini memang sangat dibutuhkan.

Ya, pemerintah Inggris akhirnya meminta bantuan seluruh kekuatan bisnis untuk mendukung program melawan Covid-19 setelah sebelumnya terkesan tak acuh.

Salah satu alat yang akan diproduksi tim-tim F1 tersebut adalah ventilator pernapasan. Alat itu sangat penting dan dibutuhkan dalam merawat pasien korona gejala berat. Sebab, mereka sering kali sudah sulit bernapas dan harus dirawat intensif di rumah sakit.

Nah, masifnya persebaran Covid-19 di Inggris tak hanya mengakibatkan kapasitas rumah sakit semakin tipis, tetapi juga membuat perlengkapan medis semakin berkurang.

Saat ini rumah sakit-rumah sakit di Inggris disebut sedang kekurangan alat ventilator pernapasan. Karena itu, pemerintah setempat sudah menyerukan ada penambahan produksi alat tersebut secepatnya. Targetnya, bulan depan sudah ada 30 ribu ventilator pernapasan baru yang siap didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

Dalam pernyataan resminya, Formula 1 menyatakan bahwa tim-tim balapan jet darat tersebut sudah secara aktif menawarkan bantuan kepada pemerintah. Mereka siap menggunakan keahlian dan alat produksi canggih yang dimiliki untuk merancang teknologi modern demi mengatasi masa-masa krisis pandemi global tersebut.

Dalam rilis yang sama, F1 menyebut untuk sementara Project Pitlane akan fokus pada tiga alur kerja. Mulai rekayasa perangkat medis yang sudah ada, mendukung skala produksi ventilator yang telah ada, serta membuat prototipe perangkat baru untuk dilakukan sertifikasi sebagai produk selanjutnya.

’’Project Pitlane akan memanfaatkan sumber daya dan kemampuan anggota tim untuk membuat efek besar dan signifikan. Dengan fokus pada keterampilan inti industri F1, yakni desain cepat, pembuatan prototipe, pengujian, dan perakitan secara terampil,’’ tulis F1 dalam rilis resmi dilansir ESPN.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c17/cak



Close Ads