alexametrics
Proliga 2020

Pemain Asing Belum Bisa Menyelamatkan Tim-Tim Jatim dari Kekalahan

29 Februari 2020, 10:51:31 WIB

JawaPos.com – Lamongan Sadang MHS sudah melakukan berbagai cara untuk memperbaiki performa di putaran kedua Proliga 2020. Salah satunya, mendatangkan pemain asing baru. Yakni, Igor Guillen Goncalves, open spiker yang menggantikan Douglas Bueno. Pemain asal Brasil berusia 32 tahun itu diharapkan mampu mempertajam serangan MHS.

Namun, ternyata legiun anyar tersebut belum memberikan dampak signifikan buat MHS. Tadi malam, di GOR Tri Dharma, Gresik, debutan Proliga itu kembali takluk kepada Jakarta BNI 46 dengan skor 2-3 (25-22, 25-22, 13-25, 23-25, 11-15).

Ini sangat disayangkan. Sebab, pasukan Putut Marhaento itu sangat perkasa di dua set pertama.

’’Awalnya kami sudah menikmati pertandingan. Kami sudah bisa mengatur tempo lawan,’’ tutur asisten pelatih MHS Marjoko Sigit.

Namun, timnya gagal menjaga konsistensi mulai set ketiga. ’’Sejak set ketiga itu, kami kena di servis. Itu berat dan membuat kami kesulitan untuk kembali menaikkan performa,’’ lanjutnya.

Apakah Igor tidak banyak berkontribusi buat tim? Menurut Sigit, Igor memang belum 100 persen padu dengan tim. Dia memaklumi. Sebab, pemain yang pernah membela Semarang Bank Jateng pada 2011–2012 itu baru bergabung sepekan terakhir. Baru tiga kali dia berlatih bareng Dimas Saputra dkk.

’’Dia tidak jelek. Memang pertandingan malam ini (tadi malam, Red) sekaligus jadi ajang adaptasi buat Igor,’’ jelas Sigit. ’’Kelemahan kami sebelumnya itu open spike ya. Dan sekarang, dengan kedatangan Igor, tiga spiker kami sudah berfungsi semua. Dan saya rasa Igor lebih bagus daripada pemain sebelumnya,’’ tambahnya.

Tadi malam, Igor cukup banyak menyumbangkan poin lewat spike kerasnya. Blok pemain bertinggi badan 200 cm tersebut beberapa kali mampu mematahkan serangan lawan. Namun, itu belum mampu membawa MHS menang. Karena itu, Igor tak bisa menutupi kekecewaannya. Dia mengaku sudah berusaha maksimal.

’’Ini game pertamaku dengan MHS. Aku yakin setelah ini bisa lebih baik,’’ tutur Igor. ’’Teman-teman sangat welcome untuk membuat aku cepat adaptasi. Aku paham mereka juga menaruh harapan padaku. Aku akan buktikan di laga selanjutnya,’’ janji pemain kelahiran 4 Januari 1988 tersebut.

Sementara itu, strategi pelatih Jakarta BNI 46 Samsul Jaiz untuk membangkitkan timnya sukses. Menempatkan servis tidak pada libero sangat efektif. ’’Bola kami usahakan tidak ke libero. Dan, ketika sasaran betul, itu menguntungkan kami. Bahkan hampir tidak terjadi permainan, karena sekali servis langsung poin. Itu evaluasi saya setelah kalah di set pertama dan kedua,’’ jelas Jaiz.

Hari pertama putaran kedua kemarin memang tidak bersahabat buat tim-tim Jawa Timur. Tuan rumah seri ini, Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim, juga gagal memetik kemenangan. Ayana Jean Whitaker dkk keok oleh Jakarta Pertamina Energi 0-3 (5-25, 18-25, 12-25).

Meski gagal, pelatih Gresik Petrokimia Niu Guogang menyebut sudah ada kemajuan. Hanya, dia mengakui tim asuhannya sedikit tertekan dengan lawan yang dihuni banyak pemain timnas.

’’Mereka sudah lumayan bagus. Kami banyak pemain usia muda, mereka dalam proses peningkatan. Menurut saya, ini sudah lebih bagus dari putaran pertama,’’ kata Guogang.

Buat Pertamina Energi, kemenangan kemarin mengantar Novia Andriyanti dkk memastikan satu slot di final four. Tim asuhan Ziya Rajabov itu nyaman di puncak klasemen tanpa sekali pun menelan kekalahan.

Namun, meski sudah aman, pelatih yang disapa Zico tersebut tetap ingin timnya meraih poin maksimal hingga putaran kedua usai.

’’Kami sudah memastikan lolos. Kami selalu memandang semua lawan sama. Kami tidak boleh meremehkan siapa pun lawannya,’’ papar Zico. ’’Target kami juara dan semoga diberi jalan,’’ imbuh pelatih asal Azerbaijan itu.

JADWAL HARI INI

15.00 WIB Jakarta Garuda vs Pertamina Energi (putra)

17.00 WIB PGN Popsivo Polwan vs Bandung Bank BJB (putri)

19.00 WIB Bank Sumsel Babel vs Surabaya Samator (putra)

HASIL KEMARIN

Pertamina Energi vs Lamongan Sadang MHS 3-2 (22-25, 25-22, 25-13, 25-23, 15-11)

Gresik Petrokimia vs Pertamina Energi 0-3 (5-25, 18-25, 12-25)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nia/c17/na



Close Ads