alexametrics
Grand Slam Australia Terbuka 2020

Sakit Pangkal Paha, Keram, Selamatkan Tujuh Match Point, dan Menang

29 Januari 2020, 17:30:53 WIB

JawaPos.com– Set ketiga babak perempat final Australia Terbuka 2020 menjadi momen penting buat kebangkitan Roger Federer. Ketika melawan Tennys Sandgren, veteran berusia 38 tahun itu merasakan sakit di bagian paha dan kaki.

Federer meminta timeout untuk mendapatkan perawatan. Lama. Sekitar delapan menit. Sekembalinya ke lapangan, sudah terlambat. Namun, dia berhasil bangkit pada set keempat dan kelima. Setelah perjuangan penuh drama selama 3 jam 31 menit, Federer akhirnya menang 6-2, 2-6, 2-6, 7(10)-6(8), 6-3.

Setelah pertandingan, King Fed –sebutannya– mengaku sempat frustrasi. ’’Ketika pangkal paha dan kakiku mulai keram, aku mulai sulit mengembangkan defense. Aku tidak suka memanggil trainer karena itu adalah tanda-tanda kelemahan. Aku berusaha tidak memperlihatkannya,’’ papar Federer seperti dikutip CNN.

Namun, adakalanya meminta bantuan fisioterapis itu diperlukan. Buktinya, setelah set ketiga yang kacau balau, dia berhasil menyelamatkan tujuh match point sekaligus! Untuk mencapai itu, Federer memang harus bekerja superkeras. Bukan hanya fisiknya yang terkuras, melainkan juga mentalnya. Bayangkan, Federer yang biasanya sangat tenang sampai kehilangan kesabaran.

Itu terjadi (masih) di set ketiga. Federer ditegur gara-gara misuh dalam bahasa Jerman setelah gagal melakukan break point. Lineswoman melaporkannya ke umpire. Federer langsung mendatangi umpire dan marah-marah, ’’Aku ngomong apa sih?’’ Marijana Veljovic, umpire itu, menjawab, ’’Aku tak bisa mengulanginya.’’

Federer makin murka. Dia kembali ke lineswoman, lalu menyemprot, ’’Kalau kamu mendengarnya begitu jelas, kenapa tidak langsung bilang? Please, deh!’’ Setelah laga, di konferensi pers, Federer mengakui mencoba mengumpat dalam bahasa asing agar tidak dihukum. ’’Aku frustrasi sekali tadi. Untuk dapat satu poin saja susah sekali,’’ tuturnya.

Kemenangan kemarin mengantar Federer ke semifinal. Beberapa jam kemudian, lawannya diketahui. Novak Djokovic menyusul ke empat besar setelah menang atas Milos Raonic 6-4, 6-3, 7-6(1). Laga yang berlangsung besok tersebut bakal menjadi pertemuan ke-50 mereka. Untuk sementara, Nole –sapaan Djokovic– unggul head-to-head 26-23.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c19/na


Close Ads