JawaPos Radar

Menilik Perjuangan Muhammad Hinayah Meraih Emas Asian Games

28/08/2018, 22:20 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Muhammad Hinayah
Muhammad Hinayah, saat ditemui di Bandara Adisutjipto Jogjakarta, Selasa (28/8). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Tim Panjat Tebing Indonesia menorehkan sejarah. Perjuangan para atlet pun terbayar sudah. Pemusatan latihan selama satu tahun berbuah manis. Meski hanya menargetkan 2 emas, namun tim dari Indonesia mampu meraup 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Perjuangan mereka patut diapresiasi. Selama setahun puluhan atlet panjat tebing tersebut mengasah kemampuannya di kawasan Stadion Mandala Krida, Jogjakarta. Selaih harus bergumul dengan latihan, mereka juga harus meninggalkan kesenangannya sesaat, terutama waktu bersama dengan keluarga, kerabat dan lain sebagainya.

Hal tersebut dirasakan jelas oleh Muhammad Hinayah. Kendati demikian, medali emas menjadi berkah manis yang dirasakannya usai setahun berlatih. "Banyak pengorbanan, meninggalkan keluarga, temen-temen. Akhirnya latihan yang cukup panjang berbuah hasilnya 3 emas," katanya, saat ditemui di Bandara Adisutjipto Jogjakarta, Selasa (28/8).

Terlebih, ia yang juga merupakan anak pertama dari 6 bersaudara. Pertemuan dengan adik-adiknya pun otomatis sangat jarang dilakukan. "Saya anak pertama dari 6 bersaudara," ucapnya.

Olahraga panjat tebing ini sudah digelutinya sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Setiap kali latihan, Hinayah kecil melakukannya di kompleks Alun-alun Sekayu, Sumatera Selatan. Sekitar 2 kilometer dari SD tempatnya sekolah. "Tidak terlalu jauh, naik sepeda dulu ditempuhnya dari SD. Kadang juga sendirian latihannya," katanya.

Atas perolehan medali ini, bonus maupun hadiah yang didapatkannya pun sudah direncanakan. Untuk memperbaiki rumah, dan mengajak kedua orang tuanya beribadah haji.

"Bapak saya sampai saat ini menjadi kuli bangunan. Kalau ibu, ibu rumah tangga," kata pria asal Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

Hinayah berharap prestasi para atlet panjat tebing dapat terus dipertahankan. Untuk diketahui, dalam ajang Asian Games, cabor panjat tebing, Indonesia mendapatkan 3 emas, perak dan 1 perunggu.

Medali emas pada cabor ini diraih oleh Tim putri Indonesia 1 yang beranggotakan Puji Lestari, Aries Susanti Rahayu, Rajiah Sallsabillah, dan Fitriyani. Kemudian juga Aris Susanti Rahayu di nomor individu kecepatan putri dan nomor kecepatan beregu putra pada tim Indonesia 2.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up