alexametrics

Peselancar Top Dunia Berkumpul di Banyuwangi

28 Mei 2022, 23:12:42 WIB

JawaPos.com-Mulai hari ini (28/5), peselancar-peselancar top dunia bertarung dalam ajang World Surf League (WSL) Pro G-Land. Lomba berlangsung di Pantai Plengkung, Banyuwangi, atau juga dikenal G-Land.

WSL Pro G-Land adalah satu di antara sebelas turnamen selevel World Championship Tour yang diadakan sepanjang 2022. Ini adalah turnamen profesional level tertinggi dalam olahraga selancar dunia.

”Selamat datang di G-Land. Surga bagi peselancar dunia,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam seremoni pembukaan acara tersebut kemarin (27/5).

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainudin Amali juga hadir dalam pembukaan. Dalam pidatonya, Ipuk menjelaskan, kehadiran Amali langsung ke Alas Purwo, Banyuwangi, untuk membuka acara adalah bentuk dari dukungan penuh pemerintah pusat.

Terutama dukungan atas sport tourism yang selama ini dikembangkan pemerintah Banyuwangi.

”Terima kasih, Pak Menteri. Instruksi dari Bapak sangat mendetail saat kami sowan ke kantor Kemenpora di Jakarta. Kami berusaha maksimal menggelar acara ini sesuai dengan standar yang ditentukan WSL,” ujar Ipuk.

Amali menuturkan, sebagai Menpora, dirinya mendapat instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo untuk menarik sebanyak-banyaknya event olahraga kelas dunia ke Indonesia.

Dan, kehadiran WSL Pro G-Land ke Indonesia yang digagas pemerintah daerah Banyuwangi ini sangat sejalan dengan komitmen tersebut.

”Banyuwangi dari dulu memang gigih menggelar event-event internasional, termasuk di bidang olahraga. Pemerintah pusat sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Banyuwangi ini. Kami mendukung penuh,” tutur Amali dalam sambutannya.

Dia menyampaikan, event internasional olahraga selancar seperti WSL Pro G-Land ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mengejar ketertinggalan pengembangan sport tourism dari negara lain.

Menurut dia, Indonesia adalah negara yang memiliki potensi sangat besar dalam sport tourism. Namun, potensi itu belum tergali dengan maksimal.

”Sekarang banyak negara yang sudah mengandalkan devisa dari sport tourism. Jujur, kita belum. Tapi, kita harus bisa mengejar itu,” jelas Amali.

Karena selancar merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia memasukkannya dalam salah satu cabang olahraga prioritas untuk mendulang emas pada Olimpiade mendatang. Termasuk di Olimpiade Paris 2024.

Tumpuan Indonesia di cabang olahraga tersebut sekarang adalah Rio Waida. Peselancar 21 tahun itu pekan lalu baru menjadi juara di ajang Sydney Surf Pro 2022. Dia adalah orang Indonesia pertama yang mencatat sejarah itu.

Rio juga telah ambil bagian di Olimpiade Tokyo. Saat itu dia secara mengejutkan mampu menembus sampai putaran ketiga.

Di ajang WSL Pro G-Land ini, Rio menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang ambil bagian. ”Saya akan berusaha maksimal. Semoga bisa menjadi juara di rumah sendiri,” ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c14/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads