alexametrics

Jatim Larang Atlet Puslatda, Nasional, dan Internasional Ikut Porprov

28 Januari 2022, 20:32:01 WIB

JawaPos.com-Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur dijadwalkan berlangsung Juli mendatang.

Porprov VII itu akan digelar di empat daerah. Yaitu, Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Berbeda dengan daerah lain, Jatim melarang atlet tingkat puslatda, nasional, hingga internasional mengikuti ajang tersebut. Ketua KONI Jatim periode 2017–2021 Erlangga Satriagung menjelaskan, hal itu dilakukan agar proses regenerasi bisa optimal.

’’Atlet yang punya prestasi minimal tingkat nasional tidak boleh ikut. Termasuk atlet-atlet puslatda. Kalau mereka ikut, ya mereka yang menang. Padahal, tujuan porprov itu kan untuk pembibitan,” ujar Erlangga.

Dengan adanya aturan tersebut, Erlangga berharap bibit-bibit atlet di daerah bisa bermunculan. Kemudian, mereka bisa masuk ke tingkat daerah dan dibina di Puslatda Jatim. Tingkat itu akan terus berlanjut hingga atlet tersebut mencapai prestasi di ajang internasional.

’’Kami lihat hasil (porprov) itu apakah bisa mendekati prestasi atlet puslatda. Kalau iya, bisa masuk (puslatda). Kalau meraih emas porprov tetapi hasil pertandingannya di bawah puslatda, maka bisa menjadi second layer-nya puslatda,” terang pria 63 tahun itu.

Porprov VII diperkirakan melibatkan 12 ribu atlet. Nantinya, ada 47 cabor yang dipertandingkan. Jumlah cabor itu bertambah dari waktu ke waktu.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads