alexametrics
Indonesia Open 2021

Peluang Indonesia Loloskan Ganda Putra dan Ganda Putri ke Final

27 November 2021, 14:39:01 WIB

JawaPos.com-Indonesia Open 2021 hari ini akan memasuki babak semifinal. Indonesia menempatkan tiga wakil yang akan bertarung pada babak empat besar di Bali International Convention Centre.

Di sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan bertanding melawan pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Sementara itu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menghadapi ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Setty. Jika melihat sejarah pertemuan, Greysia/Apriyani maupun Marcus/Kevin masih unggul atas lawan masing-masing.

Bagi Greysia/Apriyani, laga melawan Jongkolphan/Rawinda hari ini adalah pertemuan kedelapan. Sebelumnya, dalam tujuh duel di semua ajang, pasangan ganda putri Indonesia yang kini berada di ranking keenam dunia tersebut unggul head-to-head 6-1.

Yang membuat lebih optimistis, dalam dua pertemuan terakhir sepanjang tahun ini, Greysia/Apriyani selalu bisa menaklukkan pasangan ranking kedelapan dunia tersebut. Pertemuan terakhir terjadi pada perempat final Piala Uber Oktober lalu. Saat itu Greysia/Apriyani menang dalam tiga game 21-17, 17-21, 21-19.

’’Yang jelas kami fokus recovery dulu. Pikiran juga harus kami balikin lagi. Biar besok (hari ini, Red) siap tampil yang terbaik lagi,’’ ucap Greysia setelah laga kemarin.

Di perempat final, Greysia/Apriyani memang bertarung habis-habisan. Mereka melawan pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Ayako Sakuramoto. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut menang rubber game setelah berjibaku selama 1 jam 16 menit di lapangan. Skornya adalah 21-16, 12-21, 21-18.

’’Di game kedua kami banyak mati sendiri. Lawan juga bisa menebak arah bola. Untung di game ketiga kami bisa lebih siap,’’ ucap Apriyani.

Sementara itu, The Minions –julukan Marcus/Kevin– kembali menunjukkan mental juara mereka. Di tengah kondisi yang tidak fit karena kelelahan, pasangan ranking satu dunia tersebut masih mampu menaklukkan ganda Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (14-21, 21-14, 21-16). Laga berjalan selama 52 menit.

’’Tenaga kami saat ini tidak 100 persen. Tapi, itu tidak bisa jadi alasan. Siapa pun lawannya di pertandingan-pertandingan selanjutnya harus kami hadapi. Yang penting selalu berusaha yang terbaik,’’ ucap Marcus.

Dari head-to-head, Marcus/Kevin unggul mutlak 9-0 atas Satwik/Chirag. Delapan dari sembilan laga itu dimenangi Minions melalui dua game langsung.

Satu wakil Indonesia lainnya di semifinal hari ini adalah tunggal putra Jonatan Christie. Jojo –sapaan akrab Jonatan– kemarin melaju ke semifinal tanpa berkeringat. Sebab, lawannya di perempat final, pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen, mengundurkan diri.

Antonsen mengalami cedera otot dada. ’’Sayang sekali Antonsen mundur. Saya harap dia bisa segera sembuh dari cedera yang membuatnya mundur,’’ ucap Jojo.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads