alexametrics

Untuk Kali Pertama dalam 12 Tahun, Celtics Bisa Kunci Tiket Final

27 Mei 2022, 19:55:01 WIB

JawaPos.com-Boston Celtics melangkah ke game keenam final wilayah timur besok dengan bayang-bayang final NBA di depan mata.

Sebab, jika menang lagi di laga tersebut, Jayson Tatum dkk sudah mengunci tiket final NBA pertama Celtics dalam 12 tahun atau sejak 2010. Laga akan berlangsung di markas mereka, TD Garden.

Celtics tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk menembus final NBA. Sebab, di game kelima kemarin, mereka melumat Miami Heat di kandangnya dengan skor 93-80. Hasil tersebut membuat Celtics kini unggul 3-2 dalam format best of seven.

Kemenangan itu sekaligus menjadi bukti bahwa Celtics sudah menemukan formula tepat untuk meredam permainan tim asuhan Erik Spoelstra tersebut. Jimmy Butler dkk kembali dibuat kesulitan membuat poin oleh pemain-pemain Celtics.

Total, Heat hanya membukukan field goal 31,9 persen (30-94). Tidak lebih baik daripada field goal yang mereka buat di game sebelumnya. Yakni, game keempat saat takluk 82-102 di tangan Celtics. Saat itu Heat hanya membuat field goal 33,3 persen (30-90).

”Tekanan dan gangguan yang kami berikan kepada tim lawan melalui defense bekerja dengan baik. Itu mengantar kami sampai sejauh ini di babak playoff,” ujar Ime Udoka, head coach Celtics, kepada ESPN.

Celtics berlari kencang meninggalkan Heat setelah turun minum. Di paro kedua kuarter ketiga itu, perolehan poin mereka begitu jauh meninggalkan Heat mencapai 24-2. Kejadian itu langsung membuat jarak poin Celtics atas Heat tidak terkejar. Dari yang sebelumnya mepet 59-58 menjadi 83-60.

Jaylen Brown mencetak poin terbanyak Celtics dengan 25 poin. Jayson Tatum juga tampil ciamik dengan raihan 22 angka. Dia malah nyaris membuat triple-double melalui tambahan 12 rebound, 9 assists.

Center utama Celtics Al Horford dan guard Derrick White menjadi dua pemain Celtics lain yang sanggup mengemas double-digit melalui 16 angka dan 14 angka.

Peran White disebut begitu krusial untuk Celtics di playoff ini. Point guard 27 tahun yang didatangkan melalui jalur trade dari San Antonio Spurs Februari lalu itu membuat Celtics memiliki pelapis point guard utama Marcus Smart yang mumpuni.

Saat Smart absen di awal-awal playoff seri ini karena cedera, White mengisi peran tersebut dengan begitu baik. ”Derrick telah berubah menjadi pemain yang penting untuk tim ini. Kontribusinya begitu besar,” ungkap Brown dilansir ESPN.

Di sisi lain, Heat makin tumpul setelah Jimmy Butler baru pulih dari memar lutut kanan pada game keempat lalu. Kemarin mantan bintang Chicago Bulls itu mengemas 13 poin untuk Heat.

Center Bam Adebayo menjadi penyumbang angka terbanyak Heat. Itu pun hanya 18 angka. ”Kami masih ingin memenangi seri ini. Kami belum menyerah,” kata Adebayo kepada Associated Press.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c14/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads