alexametrics

Cerita Wasit Indonesia yang Tegur Antonsen karena Salah Pakai Celana

27 Mei 2022, 19:29:05 WIB

JawaPos.com-Qomarul Lailah sempat viral saat bertugas di ajang Piala Thomas dan Uber 2022 di Thailand. Ketika itu, dia menjadi wasit laga fase grup B antara tunggal putra Denmark Anders Antonsen melawan andalan Tiongkok Li Shi Feng (11/5).

Lia, begitu Qomarul Lailah akrab disapa, tampak salah tingkah saat melihat Antonsen mengganti celana di pinggir lapangan menjelang set ketiga. Momen tersebut ramai di media sosial. Banyak yang menyebut Lia tersipu malu melihat Antonsen.

”Dulu memang sempat viral, namanya netizen itu memang aneh-aneh,’’ kenang Lia, lantas tertawa.

Namun, sebenarnya Lia tidak bermaksud melihat Antonsen. Justru guru bahasa Inggris di SDN Sawunggaling 1 Surabaya itu tengah menegur salah seorang pelatih Denmark. Pasalnya, Antonsen salah memakai celana. Seharusnya, Antonsen memakai celana warna putih, sama seperti yang dipakainya sejak awal.

”Pemain luar dari Barat ternyata memang nakal-nakal, beda dengan pemain Asia yang lebih santun,’’ kata Lia.

”Saya lalu bilang kepada pelatih Denmark, He must wear the same color and design (Dia harus mengenakan pakaian dengan desain dan warna yang sama),’’ tegur Lia kepada pelatih Denmark.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Yang tertangkap di kamera, Lia tidak terlihat menegur. Tapi, dia terlihat langsung memalingkan wajah begitu melihat Antonsen. Bagi Lia, itu adalah pengalaman pertama dirinya viral di media sosial. Dia pun semakin menyadari efek dahsyatnya komentar netizen.

”Sebenarnya unik juga melihat respons di media sosial. Instagram saya sempat ramai,’’ kenang Lia.

Lia kini semakin dikenal karena menjadi satu-satunya wasit perempuan Indonesia yang punya lisensi wasit tertinggi dan berhak meliput pertandingan BWF. Selain Piala Thomas dan Uber 2021 dan 2022, dia juga pernah memimpin pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ka/c6/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads