alexametrics
JAPFA GM dan WM Tournament

Bermain Apik, Priasmoro Novendra Raih Dua Poin Penting

27 April 2018, 14:20:46 WIB

JawaPos.com – Pecatur Indonesia, Priasmoro Novendra bermain apik hingga babak ketiga yang digelar, Kamis (26/4) kemarin. Terbukti, meski menghadapi tiga lawan dengan titel grandmaster (GM), Novendra mampu meraih dua poin.

Satu poin didapat Novendra saat mampu mengalahkan GM Gonzales Jayson, satu poin sisanya disaat bermain remis melawan GM Nguyen Anh Dung di babak kedua dan GM Ma Qun di babak ketiga.

Kristianus Liem, Pengurus Besar (PB) Percasi Bidang Pembinaan menuturkan, dua poin tersebut sangat penting bagi Novendra. Mengingat tiga lawan yang dihadapinya memiliki titel yang lebih tinggi dari dia yakni GM. Sedangkan, Novendra saat ini masih bergelar Fidle Master atau FM.

“Meskipun bermain remis di babak kedua dan ketiga tetapi kan lawan yang dihadapi memiliki gelar yang lebih tinggi. Jadi ini merupakan poin yang penting bagi Novendra,” kata Liem kepada JawaPos.com, Jumat (27/4). 

Dan untuk pertandingan di babak keempat, Liem mengatakan, Novendra melawan unggulan pertama yakni GM Demchenko Anton. Liem berharap, dalam pertandingan di babak keempat tersebut, Novendra bisa meraih hasil yang bagus. Paling tidak bisa mendapatkan poin 1/2 atau setengah.

“Dengan menghadapi para grandmaster maka usaha Novendra untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi yakni internasional master (IM) atau bahkan GM sudah bisa terpenuhi,” ungkapnya. 

Dengan sudah menghadapi empat grandmaster di empat babak pertama ini, maka langkah Novendra akan lebih ringan dalam merampungkan hingga babak ke sembilan. Meski begitu, Liem juga tidak ingin Novendra lengah atau pun meremehkan lawannya sehingga situasi bisa berbalik.

“Memang lawannya levelnya lebih rendah dari GM, tapi juga tidak bisa meremehkan tetap bermain serius dan maksimal. Karena kalau tidak posisinya bisa berbalik,” katanya. 

Penampilan kurang baik diperlihatkan pecatur Indonesia lain yakni Ali Muhammad Lutfi dan Nur Abidah Santi. Dua pecatur tersebut hanya berhasil mengumpulkan poin 1/2 atau setengah saja. Hal ini karena, dari tiga pertandingan yang dilakoni kedua pecatur itu hanya mampu meraih sekali hasil remis dan dua kali kalah.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Bermain Apik, Priasmoro Novendra Raih Dua Poin Penting