alexametrics

Sumber Koran Malaysia: Kejuaraan Asia 2020 Akan Pindah ke Manila

27 Februari 2020, 14:34:11 WIB

JawaPos.com-Merebaknya virus korona membuat rencana penyelenggaraan Kejuaraan Asia 2020 menjadi berantakan.

Ajang itu, sejatinya akan berlangsung di Wuhan pada 21 sampai 26 April mendatang.

Namun, Wuhan yang menjadi tempat awal merebaknya virus mematikan tersebut, jelas tidak bisa menjadi tuan rumah.

Walau begitu, membatalkan Kejuaraan Asia juga bukan pilihan yang populer.

Sebab, turnamen ini adalah ajang terakhir yang masuk dalam perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sedang mencari tuan rumah pengganti. Salah satu yang paling favorit adalah Manila. Kebetulan, ibu kota Filipina itu menjadi host Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 yang berlangsung 11 sampai 16 Febuari lalu.

Menurut surat kabar Malaysia The New Straits Times salah satu hal yang menjadi kendala pemindahan tuan rumah dari Wuhan ke Manila adalah nasib pemain Tiongkok dan Hongkong. Sebab, otoritas Filipina memang melarang warga atau orang yang baru datang dari kedua negara tersebut untuk masuk ke wilayah mereka.

Sebelumnya, karena kebijakan tersebut, para pemain Tiongkok dan Hongkong “dipaksa” untuk tidak berpartisipasi pada Badminton Asia Team Championships 2020. Selain tim dua negara tersebut, tim putri India juga mundur dari ajang dua tahunan tersebut.

“Masih belum ada yang bisa dipastikan meskipun saya mendapatkan informasi bahwa Manila akan kembali menjadi tuan rumah,” ucap sumber The New Straits Times hari ini (27/2).

“Untuk tim Tiongkok, saya kira tidak menjadi masalah senyampang mereka tidak berada di negaranya dalam 14 hari sebelum ajang digelar,” tambah sang sumber.

Pekan lalu BWF memberikan izin kepada para pemain Tiongkok untuk menjalani turnamen-turnamen di Eropa. Apalagi, jauh-jauh hari, tim Negeri Panda sudah memindahkan markas mereka ke Nottingham, Inggris.

Namun, ternyata, pemain Tiongkok tetap tidak bisa segera berlaga untuk kali pertama di bulan Februari ini. Sebab, ajang German Open 2020 ternyata dibatalkan seiring dengan merebaknya virus korona di Italia.

Selain, German Open, hari ini BWF melansir bahwa Polish Open 2020 yang berlangsung di Krakow pada 26 sampai 29 Maret juga dibatalkan.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads