alexametrics

Sudah Waktunya Jatim Jadi Tuan Rumah Lagi

27 Januari 2022, 23:24:02 WIB

JawaPos.com-Tak hanya konsentrasi untuk persiapan PON 2024, Jawa Timur (Jatim) juga siap berkompetisi untuk menjadi tuan rumah PON 2028.

Hal itu disampaikan mantan Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung di sela-sela musprov kemarin. ’’Setelah PON 2024, saya harap ini sudah waktunya Jatim (menjadi tuan rumah PON),” ujar Erlangga.

Jatim kali terakhir menjadi tuan rumah PON pada 2000 silam. Dalam sejarah PON, Jatim sudah dua kali menjadi tuan rumah. Sebelumnya, Jatim menjadi tuan rumah pada edisi PON VII 1969. Setelah itu, Jakarta menjadi tuan rumah hingga tujuh edisi beruntun.

Erlangga menyebut, ini waktu yang tepat untuk Jatim menjadi tuan rumah setelah 28 tahun. Saat PON 2000, Jatim keluar sebagai juara umum. Prestasi serupa diraih saat PON 2008 di Kalimantan Timur. Nah, tiga edisi PON berikutnya, Jatim konsisten masuk tiga besar.

’’Memang sudah saatnya jadi tuan rumah PON lagi. Efeknya akan sangat besar untuk perkembangan olahraga Jatim. Mulai dari siapkan venue, siapkan atlet dan pelatih, serta menyiapkan dari segi nonteknis yang lain,” kata pria kelahiran Malang, 14 Desember 1958, itu.

Rencana Jatim maju sebagai tuan rumah PON 2028 diperkirakan tidak akan mudah. Pasalnya, mereka akan bersaing dengan NTB dan NTT. Dua provinsi tersebut sudah menyatakan diri untuk mengikuti bidding. Bahkan, NTB sudah mendapat persetujuan tertulis dari DPRD setempat.

Dalam revisi PP Nomor 17 Tahun 2007 pasal 12 ayat 2 disebut bahwa calon tuan rumah PON dapat dilaksanakan di satu provinsi atau gabungan. Pada PON 2024, Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama Aceh.

NTB bakal menggandeng NTT sebagai partner tuan rumah. Selain NTB dan NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara sedang mematangkan diri mengikuti bidding.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads