alexametrics

Timnas Indonesia akan Menjalani Pemusatan Latihan di Las Vegas

26 Oktober 2021, 09:09:53 WIB

JawaPos.com-Timnas basket Indonesia akan menjalani training camp (TC) ke Las Vegas, Amerika Serikat. Itu dilakukan sebagai persiapan menghadapi babak pertama kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Dalam kualifikasi FIBA World Cup 2023, Indonesia tergabung di grup C bersama Jordania, Lebanon, dan Arab Saudi.

Timnas akan berangkat pada 6 November. Setelah hampir satu bulan melakukan TC, timnas langsung berangkat ke Lebanon untuk pertandingan pada 26 November di Nouhad Nawfal Sports Complex, Zouk Mikael. Kemudian, pulang ke tanah air untuk menjamu Lebanon di Istora Senayan, Jakarta, pada 29 November.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menjelaskan, ada alasan tersendiri memilih TC di Amerika Serikat. Yang pertama tentang protokol kesehatan di sana yang lebih longgar daripada negara lain.

’’Di negara lain masih ada (karantina) 8 hingga 14 hari. Takutnya nggak TC malah cuma tidur. Di Amerika Serikat, flight juga lebih gampang. Termasuk flight ke Lebanon. Jika ambil TC di Eropa, khawatir lebih susah mencari flight ke Lebanon,’’ terang Danny.

Selain akomodasi dan protokol kesehatan, timnas ingin mencari sparring partner yang maksimal selama TC nanti. Mereka menilai, di AS hal itu lebih memungkinkan. Pasalnya, AS merupakan negara dengan sistem kompetisi basket yang maju.

’’Di AS mencari lawan tanding juga lebih gampang karena di sana sudah tidak terlalu memikirkan tentang Covid-19,’’ lanjutnya.

Meski berstatus tuan rumah bersama Jepang dan Filipina dalam FIBA World Cup 2023, timnas tidak langsung bisa tampil dalam putaran final.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads