alexametrics

Menang, Verstappen Sukses Memperlebar Jarak dengan Hamilton

26 Oktober 2021, 18:05:03 WIB

JawaPos.com-Persaingan antara pembalap Red Bull Max Verstappen dan pembalap Mercedes Lewis Hamilton di GP Amerika Serikat (AS) kemarin sangat ketat.

Sengitnya balapan di Sirkuit Austin itu terjadi dari awal sampai akhir. Bahkan, di lap terakhir, Verstappen nyaris kehilangan kemenangan yang sudah di depan mata.

Itu terjadi lantaran Verstappen sempat terjebak dengan para pembalap yang mengalami overlap. Para backmarker tersebut, antara lain, pembalap Haas Mick Schumacher dan pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda.

Schumacher dan Tsunoda bahkan sempat tidak memberi ruang Verstappen melaju lebih cepat untuk sekaligus mengaktifkan DRS pada mobilnya. Akibatnya, nyaris saja Hamilton mampu menangkap Verstappen menjelang finis.

”Kami kehilangan banyak waktu di belakang Yuki dan Mick Schumacher di dua lap terakhir,” ucap Chris Horner, team principal Red Bull, dilansir Motorsport. ”Saat itu aku bahkan sempat berpikir kami akan kehilangan kemenangan. Karena mereka terus menahan Max menjelang sektor terakhir,” tambahnya.

Untung, Schumacher akhirnya menyingkir di sektor akhir pada lap pemungkas. Hal tersebut membuat Verstappen masih sempat mengaktifkan DRS miliknya. Dia pun mampu melesat kencang pada trek lurus menuju garis finis.

Di balapan tersebut, Verstappen akhirnya sukses meraih kemenangan kedelapan musim ini. Hamilton meraih podium kedua dengan finis terpaut 1,333 detik. Rekan setim Verstappen, Sergio Perez, meraih podium ketiga meski finis terpaut jauh. Yakni, 42,233 detik.

”Kehilangan posisi terdepan sejak start membuat kami harus mencari cara lain untuk kembali memimpin. Untung, semua strategi berjalan baik. Aku sangat menikmati akhir pekan ini,” kata Verstappen kepada Motorsport.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c19/bas




Close Ads