alexametrics
Evaluasi French Open 2019

Richard Mainaky Juga Gemas Dengan Penampilan Hafiz/Gloria yang Menurun

26 Oktober 2019, 15:41:55 WIB

JawaPos.com – Ada dua pasangan yang jadi sorotan tajam badminton lovers di tur Eropa kali ini. Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Keduanya kompak mencetak prestasi buruk di Denmark Open dan French Open. Yakni, kandas di babak kedua alias 16 besar.

Kamis malam lalu, Hafiz/Gloria kandas di tangan pasangan non unggulan Ben Lane/Jessica Pugh (Inggris) 12-21, 21-17, 15-21. Greysia/Apriyani sama saja. Kini, semakin banyak yang bisa mengalahkan mereka. Bukan hanya pasangan Jepang. Mereka takluk kepada pasangan nomor 28 dunia Liu Xuanxuan/Xia Yuting 19-21, 12-21. Telak.

Bagi Greysia/Apriyani, ini adalah lanjutan dari episode buruk setelah meraih perunggu Kejuaraan Dunia 2019 Agustus lalu. Setelah event di Basel, Swiss, tersebut, performa mereka terus menurun. Paling bagus adalah semifinal Chinese Taipei Open. Lalu, perempat final China Open. Lalu, ’’konsisten’’ terhenti di babak kedua sejak Korea Open.

Akibatnya, peringkat mereka menurun. Dari peringkat keempat pada awal musim, melorot satu setrip ke peringkat kelima sejak Maret. Lalu, pada September, out dari lima besar.

Pelatih kepala ganda putri Eng Hian benar-benar kesal. Terutama melihat penampilan mereka di Denmark dan Prancis.

’’Mereka secara total tidak bisa dievaluasi dari segi teknis. Di Denmark, mereka tidak bisa main lepas. Di sini lebih parah lagi, terutama Apriyani, main seperti orang baru belajar,’’ omel Didi –sapaan Eng Hian– sebagaimana dilansir dari pernyataan pers PP PBSI. ’’Setelah ini, saya akan berbicara dengan psikolog di PBSI untuk memberikan masukan dan program buat mereka,’’ lanjutnya.

Menurut Didi, sejak Korea Open akhir September lalu, performa Greysia/Apriyani semakin menurun. Mereka tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik. Mereka bermain mengikuti pola lawan.

’’Dari evaluasi mereka sendiri, mereka merasa ada beban untuk mempertahankan ranking,’’ kata Didi. ’’Mereka main tidak seperti biasanya. Tegang semua, pergerakan kaku semua. Secara teknik memang mereka tidak keluar,’’ papar peraih perunggu Olimpiade 2004 Athena bersama Flandy Limpele tersebut.

Padahal, kata Didi, dirinya tidak pernah memberikan target ini-itu. Nah, yang dicurigai Didi, mereka banyak membaca komentar maupun kritik para badminton lovers di media sosial.

’’Menurut saya, kehidupan social media mereka sudah tidak sehat. Setelah ini, mereka akan saya minta off semua social media. Tidak ada membaca informasi dari social media. Kalau mau baca berita, dari media yang sebenarnya,’’ tegas Didi. ’’Pulang dari sini, mereka akan saya program untuk back to zero. Dari gaya hidup, pola latihan, dan berbagai hal lainnya saya program ulang,’’ imbuhnya.

Di sisi lain, pelatih ganda campuran Richard Mainaky tak kalah gemas dengan penampilan Hafiz/Gloria. ’’Dari laporan yang saya terima, Hafiz/Glo itu kurang sabar. Pukulan mereka sering terburu-buru. Sehingga membuat pengembalian bola kurang akurat. Keadaan ini bikin mereka panik,’’ papar Richard ketika dihubungi kemarin.

Richard belum bisa memberikan evaluasi secara mendetail. Maupun memberikan masukan kepada anak asuhnya. Sebab, setelah tur Eropa, anak buahnya akan melanjutkan tur Asia hingga pertengahan November.

’’Setelah evaluasi dan diskusi bersa-ma tim pelatih, baru saya bisa nilai faktor apa saja yang perlu ditingkat-kan,’’ jelas Richard.

Hafiz/Gloria di BWF Tour 2019

17 Jumlah turnamen yang diikuti hingga pekan ini. Mereka juga terdaftar di Fuzhou China Open, Macau Open, dan Hongkong Open 2019.

2 Babak pertama

8 Babak kedua (16 besar)

1 Perempat final

5 Semifinal

1 Final terjadi di German Open

Catatan Greysia/Apriyani 2019

Malaysia Masters : Final

Indonesia Masters : Semifinal

German Open : QF

All England : QF

India Open : Juara

Malaysia Open : R2

Kejuaraan Asia : R1

Australian Open : Semifinal

Indonesia Open : R2

Japan Open : QF

Thailand Open : QF

Kejuaraan Dunia : Semifinal

Chinese Taipei Open : SF

China Open : QF

Korea Open : R2

Denmark Open : R2

French Open : R2

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/na



Close Ads