alexametrics

Balapan Virtual, Ajang Pelampiasan di Tengah Terhentinya Kompetisi

26 Maret 2020, 20:50:44 WIB

JawaPos.com-Meski tetap ada yang kurang, balapan virtual Formula 1 GP Bahrain Senin dini hari (23/3) berlangsung seru. Penampakan mobil-mobil yang bertarung terasa begitu nyata di layar kaca. Komentator pun bersemangat memandu lomba. Akhir pekan ini, MotoGP akan menggelar balapan serupa.

Guanyu Zhou berjalan menuju podium Sirkuit Sakhir, Bahrain, sambil bertepuk tangan dan melambaikan tangan kepada penonton di tribun utama. Pembalap Tiongkok tersebut mengenakan seragam balap Renault.

Sayang, itu bukan balapan di dunia nyata. Yang berjalan di podium tersebut bukan Zhou yang asli. Itu adalah avatar Zhou yang memenangi balapan virtual F1 pertama musim ini untuk mengisi kekosongan jadwal race 2020 yang amburadul akibat serangan Covid-19.

Kapan lagi pembalap F2 bisa mengalahkan bintang-bintang F1 yang pengalamannya di atas jet darat tentu lebih mumpuni? Di grid balap GP Bahrain malam itu (waktu setempat), ada Lando Norris (McLaren), Nico Hulkenberg (mantan pembalap Renault), Esteban Gutierrez (mantan pembalap Haas), dan Nicholas Latifi (Williams).

Zhou adalah pembalap Tiongkok yang beredar di pentas F2. Tahun ini, dia resmi menjadi pembalap uji Renault. ’’Ini simulator yang sangat mirip dengan (balapan) sesungguhnya,’’ kata Zhou, sebagaimana dikutip PC Gamers.

Pernyataan Zhou memang tak terbantahkan. Tampilan game yang diikuti 20 pembalap itu tampak begitu nyata. Mulai bentuk mobil, sirkuit, deru mesin, hingga serpihan mobil setelah terlibat tabrakan. Pencahayaan lintasan juga mirip dengan kondisi balapan malam di Sirkuit Sakhir.

Balapan virtual juga mendukung gerakan tinggal di rumah yang diberlakukan di banyak negara yang menghadapi ancaman virus korona. Para peserta pun bertarung dengan mesin simulasi masing-masing dari tempat tinggalnya.

MotoGP Akhir Pekan Ini

Sepekan setelah F1 sukses dengan balapan virtual pertamanya, akhir pekan ini MotoGP bakal menggelar balapan yang sama. Dorna memastikan pembalap-pembalap top ikut serta dalam ajang tersebut.

Di antaranya, Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Alex Rins, dan bintang juara bertahan Marc Marquez. Balapan itu dijadwalkan berlangsung Minggu (29/3) via video game resmi MotoGP pukul 20.00 WIB.

Ajang tersebut digeber dengan trek virtual Sirkuit Mugello, Italia. Panjang balapannya enam lap. Sementara itu, sesi kualifikasi digelar dalam lima menit. Balapan juga akan ditayangkan secara langsung lewat kanal media sosial MotoGP.

’’Kami ingin memberikan sedikit sinar terang melalui ujung jari fans (MotoGP) di tengah situasi yang sulit seperti saat ini,’’ bunyi pernyataan resmi MotoGP.

Virtual Race Pengisi Kekosongan Balapan

FORMULA 1

Aturan: 14 lap, sesi kualifikasi 18 menit

Peserta: Pembalap F1, pembalap ajang lain, atlet cabor lain, gamer, selebriti dunia

Race: GP Bahrain (23/3)

Race berikutnya: GP Vietnam

MOTOGP

Aturan: 6 lap, sesi kualifikasi 5 menit

Peserta: Rider MotoGP, gamer

Race I: GP Italia (29/3)

NASCAR

Aturan: 100 lap

Peserta: Pembalap F1, pembalap ajang lain, atlet cabor lain, gamer, selebriti dunia

Race I: Homestead-Miami Speedway (23/3)

Race berikutnya: Texas Motor Speedway (29/3)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c18/cak



Close Ads